Menjadi Perusahaan Kontraktor Kepercayaan Pemerintah yang Meregenerasi

Berbisnis bidang kontraktor, merupakan salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati di zaman yang terus berkembang. Hal inilah yang menimbulkan perusahaan serupa terus bermunculan. Namun dengan menanamkan kepercayaan pada mitra-mitra kerja, hingga menjadi mitra setia, A.A Bayu Maha Kesuma Putra pemilik dari CV Karya Putra Yudha, yakin akan mampu bertahan dan meregenerasi bisnis ini di masa depan untuk generasi selanjutnya.

CV Karya Putra Yudha berawal dari usaha sang kakek yang bekerja sebagai pekerja lepas pemborong bangunan. Dari kakek kemudian menurun pada ayahnya yang memilih melanjutkan pendidikan ke jurusan teknik arsitektur. Hampir setali tiga uang dengan ibunya, yang juga menekuni ilmu teknik, yakni teknik sipil.

Kekompakan keluarga ini dalam berkecimpung di ruang lingkup yang sama, dibuktikan kemudian dengan mendirikan CV Karya Putra Yudha pada tahun 1989 yang berlokasi di Jl. Yudistira No. 43 Denpasar. Sebuah perusahaan yang menerima jasa kontruksi bangunan dan supplier bahan bangunan.

Sepak terjang CV Karya Putra Yudha pada tahun 1990, mendapat kesempatan berpartisipasi dalam proyek pembangunan lobi Hotel Tohpati Bali dan 5 suite room di Balitex, Kertalangu Denpasar. Atas kerja sama antara pemilik hotel dengan investor asal Jepang yaitu Inoue Group. Sekarang nama dari Hotel Tohpati Bali telah diubah menjadi Hotel Cakra Bali.

Melihat hasil kerja yang memuaskan, Inoue Group kembali mempercayakan proyek pada CV Karya Putra Yudha. Pada tahun 1995, ikut menggambar dan melaksanakan proyek suite room dan middle room di Emerald Tulamben Beach Hotel, dan di tahun 2001 mengerjakan ruang pameran yang berlokasi di kota Nara, Jepang, dengan model atap bangunan alang-alang, merupakan kombinasi antara bangunan ala Jepang dan arsitektur tradisional Bali.

Setelah melewati berbagai pengalaman, tiba saatnya kepemimpinan perusahaan dipegang oleh A.A Bayu Maha Kesuma Putra, ia pun resmi bergabung pada perusahaan di tahun 2012. Sebelumnya, Bayu menekuni pendidikan sarjana di fakultas teknik sipil, Universitas Udayana. Setelah lulus, ia tidak serta merta langsung bergabung dengan perusahaan. Ia sempat bekerja di sebuah perusahaan baja ringan serta di proyek trek dan pembangunan kandang Bali Zoo, masing-masing ia jalankan selama dua tahun.

Kepercayaan untuk ambil bagian dalam mewujudkan dan menyukseskan pembangunan sarana dan prasarana untuk kesejateraan masyarakat, semakin disandang CV Karya Putra Yudha pada tahun 2017. Dibawah kepemimpinan Bayu, beberapa tender pemerintahan berhasil dimenangkan, salah satunya proyek pembangunan kantor Desa Dangin Puri Kaja yang berlokasi di Jl. Nangka Selatan.

Bagi Bayu, ada sebuah kebanggaan sekaligus beban tanggung jawab yang ia rasakan dalam menjalankan usaha ini. Karena tak hanya mempertahankan kinerja positif perusahaan dengan klien dari pihak swasta, namun juga menjaga kepercayaan sebagai rekanan untuk memegang program-program pembangunan pemerintah dan tetap fokus dalam mempersembahkan serta menjaga kualitas yang terbaik, agar memberikan kepuasan pada konsumen.

Hasil karya yang semakin dikenal dan mendapatkan hati masyarakat, CV Karya Putra Yudha terus meningkatkan performa perusahaan yang terdiri atas enam orang karyawan beserta pekerja lepas. Hingga berjalan selama 31 tahun, diharapkan perusahaan mampu bertahan, terus berkembang ke arah yang positif dan membawa usaha ini dapat berjalan beregenerasi, sekaligus tetap menjadi perusahaan kontraktor kepercayaan pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!