Membangun Kesuksesan Jasa Arsitek Utamakan Biaya, Mutu, dan Waktu

Banyak cerita kesuksesan dari tokoh-tokoh kenamaan di dunia yang memulai usahanya dari hal-hal sederhana. Sebut saja pendiri perusahaan Microsoft, Bill Gates, yang memulai karirnya dari garasi rumah. Kini ia berhasil menjadi tokoh revolusioner di bidang komputer. Sosok tersebut agaknya menjadi sumber inspirasi bagi seorang pengusaha yang berasal dari Pulau Dewata. Ia merupakan wirausahawan muda di bidang arsitektur bernama I Made Dwija Putra Yoni. Keberhasilannya dalam mengibarkan bendera usaha Agora Design Bali ternyata dimulai dari sepetak kamar kos, kini telah mampu mengembangkan usaha hingga memiliki klien di Bali maupun luar Bali.

Perkembangan properti di Bali selama lebih dari satu dekade terakhir memunculkan banyak peluang usaha menjanjikan bagi masyarakat. Hal ini berjalan seiring dengan peningkatan populasi penduduk yang terus membutuhkan ketersediaan rumah tinggal. Dalam kegiatan pembangunan rumah tinggal diperlukan campur tangan para ahli di bidangnya, salah satunya penyedia jasa desain arsitektur. Para profesional di bidang ini memastikan bangunan yang akan dibuat nantinya sesuai dengan keinginan klien serta di sisi lain aman dan nyaman untuk dihuni nantinya.

 

Peluang usaha desain arsitektur bangunan ini tidak disia-siakan oleh pria lulusan Jurusan Teknik Arsitektur, I Made Dwija Putra Yoni. Ia memanfaatkan skill yang dimiliki dalam hal menggambar rancangan bangunan dengan membangun suatu usaha bernama Agora Design Bali. Lokasi kantor jasa arsitek ini terletak di Jalan Sekar Tunjung XVIII A No. 22, Denpasar – Bali.

Spesialis Minimalis

Agora Design Bali menawarkan jasa desain arsitek untuk berbagai jenis bangunan, antara lain rumah tinggal, villa, penginapan, rumah kos, toko, rumah toko, kantor dan lain-lain. Ruang lingkup pekerjaan yang dilayani antara lain, konsep desain, gambar arsitek baik berupa gambar kerja, gambar IMB, gambar 3 dimensi, bahkan sampai perencanaan anggaran biaya bangunan. Made Dwija juga didukung oleh tim arsitek yang terdiri dari para profesional dengan berkomitmen terhadap perkembangan dan kemajuan arsitektur dan arsitek Indonesia.

Made Dwija menjelaskan bahwa pihaknya kerap diminta menyelesaikan proyek rumah yang mengusung konsep minimalis. Sehingga memunculkan branding tersendiri yaitu arsitek spesialis rumah minimalis. Namun dirinya pun tidak menutup kemungkinan menerima permintaan konsep desain lainnya. Seperti mendesain bangunan bergaya klasik, kontemporer, Bali modern, atau gaya arsitektur lainnya. Terlepas dari apapun konsep rumah yang dikerjakan, tentunya kualitas hasil karya menjadi hal nomor satu yang dipersembahkan kepada para klien yang telah mempercayakan desain hunian mereka.

Selain melayani jasa arsitektur, Agora Design Bali juga melayani jasa kontraktor dan merupakan bagian dari kontraktor Indonesia. Tim Kontraktor Agora Design Bali merupakan kontraktor bangunan yang sudah berpengalaman menangani proyek konstruksi rumah, villa, toko, ruko, penginapan, rumah kos dan lain-lain.

“Kami sangat memperhatikan tiga hal dalam menangani proyek yang telah dipercayakan pengerjaannya kepada kami, yaitu biaya, mutu dan waktu,” ujar Made Dwija.

Selain menyediakan jasa arsitek dan kontraktor, Made Dwija juga membuka lini usaha lain yang tidak jauh dari dunia konstruksi. Usaha tersebut merupakan retail dan grosir bahan bangunan yang berlokasi Jalan Raya Buruan , Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Selain untuk menyediakan kebutuhan bahan bangunan untuk umum, keberadaan toko ini juga dapat memenuhi kebutuhan proyek di Agora Design Bali.

Merintis Usaha

Keberhasilan Made Dwija dalam mengembangkan usaha tidaklah didapat dalam waktu singkat. Terhitung 12 tahun lamanya ia membesarkan Agora Design Bali hingga dapat dikenal sebagai salah satu jasa arsitek terpercaya di Bali. Tentunya perjuangan selama 12 tahun itu, jalan yang dilalui tidak mulus begitu saja. Berbagai tantangan datang silih berganti namun itu semua ia jadinya sebagai suatu proses pendewasaan menuju tingkatan level kesuksesan yang selanjutnya.

Made Dwija merupakan sosok indivdu yang selalu cermat dalam menangkap peluang. Selepas dari menamatkan gelar sarjana teknik, pria asal Tabanan itu memutuskan untuk menetap di Kota Denpasar untuk bekerja. Pada tahun 2006 tersebut, industri properti tengah menunjukkan tanda-tanda menuju masa gemilang. Saat itu ia mencoba meniti karir sebagai broker properti di mana ia mempertemukan pembeli dan penjual sehingga ia mendapatkan bayaran atas jasanya tersebut.

Kemudian di tahun 2008, penjualan properti di Bali melejit, diikuti oleh meningkatnya proyek pembangunan rumah, akomodasi, dan perkantoran. Inilah momentum awal bagi Made Dwija untuk memanfaatkan kemampuan sebagai seorang arsitek, membuatnya tidak lagi hanya memasarkan properti yang sudah ada namun juga menawarkan jasa desain hingga membuat estimasi biaya proyek bangunan.

Uniknya ia memulai usahanya dari sepetak kamar kos yang ia sewa secara bulanan. Dari kamar itulah, ia menerima klien yang ingin mendiskusikan proyek sekaligus tempat mengerjakan gambaran desain suatu proyek. Setelah memiliki cukup modal ia pun berani menyewa kamar kos lainnya yang ia jadikan ruang kerja. Pada tahun 2015 atau tujuh tahun setelah merintis usaha, ia pun berhasil membangun rumah yang juga dijadikan kantor usahanya.

“Titik balik kesuksesan saya terjadi pada saat saya mulai memanfaatkan teknologi informasi yang ada. Saya mempromosikan jasa arsitek melalui website dan sosial media. Dengan demikian saya tidak hanya menjangkau pasar yang ada di Bali, banyak juga klien saya yang berasal dari luar daerah,” kata Made Dwija mengungkapkan strategi pemasaran yang diterapkan.

Made Dwija berharap melalui usaha yang dilakukannya, dapat terus membantu masyarakat dalam membangun hunian impian. Ia percaya bahwa kesuksesan sejatinya tidak diukur dari berapa materi yang didapat, melainkan seberapa banyak kita melakukan hal-hal bermanfaat bagi orang lain. Selain itu ia pun bersyukur atas segala pencapaian saat ini dan tidak merasa jumawa. Karena bagaimana pun, di balik kesuksesaannya terdapat dukungan dari orang-orang di sekitarnya termasuk keluarga tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!