Memahat Profit dari Bisnis Batu Marmer dan Granit – CV Jaya Utama Mandiri

Inspirasi peluang usaha bisa datang dari mana saja. Ada yang menjadikan hobi sebagai dasar mendirikan suatu usaha ada pula yang mendapat inspirasi dari usaha yang sudah ada. Begitu pula dengan kisah perjuangan seorang pengusaha asal Bojonegoro, Jawa Timur bernama Mulyono dalam merintis bisnis suplai dan jasa pemasangan batu-batuan alam. Ia melihat peluang menjanjikan dari usaha tersebut setelah bekerja di perusahaan milik orang lain dan memutuskan untuk mandiri mengembangkan bisnis di bidang yang familiar baginya itu.

Perkembangan industri properti di Bali ternyata memunculkan aneka peluang usaha yang menjanjikan. Salah satunya penjualan dan jasa pemasangan bahan baku pembuatan bangunan dan furniture di dalamnya. Di antara elemen yang biasa digunakan dalam projek pembangunan rumah, akomodasi, kantor,dan properti lainnya, batu-batuan sering menjadi bahan yang paling dilirik. Sebut saja marmer, granit, dan batu-batuan alam lainnya yang kerap tampil pada permukaan perabotan maupun ornamen pada suatu bangunan.

Permintaan yang cukup tinggi terhadap batu-batuan tersebut menjadi alasan bagi Mulyono untuk mendirikan suatu usaha di bidang pengadaan batu marmer, granit, dan batu alam untuk berbagai proyek konstruksi. Tidak hanya menyuplai bahan baku tersebut, Mulyono juga menyediakan jasa berupa pemasangan, pemolesan, dan kristalisasi.

“Kami juga menyediakan jasa pembuatan produk berupa meja, kitchen set, wastafle, bathup dan lain-lain,” ujar Mulyono memaparkan usahanya.

Pengalaman kerja selama 20 tahun dan jam terbang tinggi menangani berbagai proyek berskala besar maupun kecil, perusahaannya bernama CV Jaya Utama Mandiri itu kerap bekerja sama dengan berbagai perusahaan kontraktor swasta maupun BUMN. Sebut saja PT. Tunas Jaya Sanur, PT. Pulau Intan Bajaperkasa Konstruksi, PT. Nusaraya Cipta, PT. Tatamulya Nusantara, PT. Jaya Kusuama Sarana, PT. Gradirnt Group, PT. PP (Tbk) dan PT. Wika Reality dan lain-lain. Jaya Utama Mandiri menyediakan batu marmer yang sudah terkenal memiliki kegunaan dekoratif dan struktural pada suatu hunian, terlebih pada hunian-hunian kelas atas. Batu marmer dapat digunakan pada bagian interior maupun eksterior rumah, seperti digunakan pada dinding eksterior dan veneer, lantai, fitur-fitur rumah yang dekoratif, tangga serta jalan setapak di dalam maupun di luar rumah.

Sementara batuan lainnya yang juga menjadi produk andalan CV. Jaya Utama Mandiri adalah granit. Batu ini dikenal akan kekuatannya, sangat baik untuk dijadikan bahan bangunan. Kilaunya yang menawan merupakan ciri utama dari batu tersebut. Granit juga baik untuk diletakkan di dalam maupun di luar ruangan sebab batu ini tahan akan cuaca panas dan dingin, serta tahan asam. Selain itu, batuan ini cocok untuk dijadikan bahan furniture seperti meja karena lebih mudah dibersihkan saat terkena noda.

Bagi warga Denpasar dan sekitarnya yang membutuhkan batu-batuan tersebut untuk mempercantik rumah tinggal maupun tempat usaha dapat mengunjungi kantor CV. Jaya Utama Mandiri. Lokasinya terletak di Jalan Lange I No.2XX, Pura Demak – Marlboro – Br. Batannyuh – Denpasar Barat.

Merintis Usaha

Mulyono mengisahkan jatuh bangun dirinya merintis karier sebagai pengusaha, penuh dengan berbagai tantangan. Ia menceritakan awal mula mengenal dunia usaha karena didorong oleh tekad bulat untuk bisa berdikari dan tidak menggantungkan masa depan pada orang lain. Pria yang dilahirkan dari keluarga petani ini memang bercita-cita sejak kecil untuk bisa mengubah taraf kehidupannya sebagai wirausahawan.

Titik balik kehidupan pria kelahiran 27 Mei 1969 itu bermula pada saat ia meninggalkan rumah karena adanya konflik dengan keluarganya. Awalnya ia melangkah keluar rumah dengan tujuan menumpang di rumah neneknya. Namun di tengah perjalanan ia berubah pikiran dan meneruskan perjalanan hingga sampai di Kota Surabaya. Di kota yang padat penduduk itu ia memutuskan untuk memulai perjuangan. Dari pekerjaan sebagai buruh angkut hingga kurir pengantar surat, dilakoninya dengan tulus ikhlas.

“Melihat ketekunan saya dalam bekerja, akhirnya pelan-pelan saya dipercaya untuk menduduki posisi yang lebih tinggi di perusahaan,” kenang Mulyono.

Hingga sampailah pada saat ia diberikan kepercayaan untuk menangani cabang perusahaan yang ada di Bali, ia pun merantau ke Pulau Dewata. Selama di Bali ia melihat pasar yang menjanjikan dari bisnis suplai batu marmer dan granit. Ia pun ingin menggarap pasar tersebut lewat usaha mandiri, sehingga pada awal milenium 2000 ia memulai langkah yang besar dengan mendirikan usaha sendiri. Tepatnya pada 16 Agustus 2000 dengan bentuk perusahaan awalnya berbentuk UD. Saat itu lokasi kantor bertempat pada Jl. Kebo Iwa Utara Perum Swamandala XVI/B7 Br. Kerobokan, Padangsambian Kaja Denpasar.

“Beruntung saya bertemu dengan perusahaan besar yaitu PT. Tunas Jaya Sanur yang langsung mempercayakan kami menangani proyek mereka. Bahkan kami dibantu dalam hal pendanaan dengan memberikan uang muka sebesar 30% dari total biaya,” tutur Mulyono mengenang masa-masa awal perjuangannya.

Selama dua dekade mengelola usaha, Mulyono juga kerap menemui tantangan usaha. Mulai dari penurunan kuantitas permintaan dari konsumen juga pernah harus rela merumahkan SDM-nya agar usahanya tetap berkelanjutan. Namun semua permasalahan tersebut dihadapinya dengan sikap optimis serta memetik hikmah dari setiap tantangan yang dilalui.

Setelah dapat dikatakan mapan dalam dunia usaha, Mulyono tidak lupa pada jati dirinya sebagai seorang putra yang sepatutnya berbakti pada orangtua. Menurutnya, seorang anak hendaknya memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk membahagiakan orangtua semasih mereka ada di dunia. Demikian pula Mulyono yang beruntung dapat memiliki kesempatan tersebut. Ia mengatakan doa-doa dari orangtua merupakan lentera yang akan mengantarkan kita pada perjalanan menuju kesuksesan. Terutama doa dari Sang Ibu yang merupakan sosok yang sangat ia hormati.

Mulyono berpesan kepada generasi muda untuk tetap semangat menekuni bidang yang telah mereka pilih. Selain itu harus giat berinovasi apalagi di era digital saat ini beragam sumber bisa didapatkan untuk menghasilkan ide-ide kreatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!