Manfaat Lidah Buaya Baik Dijadikan Minuman Jus ataupun Bahan Kosmetik

Belakangan ini produk perawatan kulit yang mengandung lidah buaya (Aloe vera) sedang booming. Selain memperbaiki kondisi kulit, sebenarnya tanaman ini punya manfaat untuk pencernaan. Di Amerika Serikat, bahkan minuman lidah buaya mulai populer dan dipasarkan sebagai salah satu cara menurunkan berat badan.

Konsumsi jus lidah buaya disebut bisa mempercepat metabolisme, melancarkan pencernaan, dan membantu membakar kelebihan lemak. Menurut National Institute of Environmental Health Science (NIEHS), daun lidah buaya mengandung gel bening yang sangat bagus untuk mengatasi luka bakar. Lapisan lateks dalam daun juga bermanfaat sebagai pencahar, baik dikonsumsi menjadi jus, dikeringkan, atau dimakan langsung. Manfaat pencahar ini karena tanaman ini mengandung aloin yang merupakan kandungan pencahar.

Lidah buaya juga mengandung vitamin A,C,E, dan B, sehingga secara teori menyehatkan. Walau begitu, berhati-hatilah memilih jus lidah buaya. Ada produk yang dibuat dari jel beningnya saja dan ada juga yang memang membuat dari seluruh bagian daunnya.Yang harus diperhatikan adalah kandungan gulanya.

Beberapa produk mengandung 6 sendok teh gula, sehingga tak berbeda dengan mengonsumsi soft drink. Produk lidah buaya yang dipasarkan sebagai pencahar biasanya dibuat dalam bentuk suplemen. Jadi, jangan malas membaca kemasan produk sebelum mengonsumsinya.

Bagian yang paling sering dimanfaatkan dari lidah buaya adalah getah atau gel tembus pandang di dalamnya. Terkadang ada orang yang mengonsumsinya secara langsung, ada pula yang dikeringkan dan dimurnikan terlebih dahulu untuk kemudian dikonsumsi dengan bahan alami lain.

Berikut manfaat lidah buaya untuk mendukung kesehatan tubuhmu secara keseluruhan.

  1. Tinggi zat antioksidan

Gel dalam lidah buaya tinggi akan zat antioksidan yang disebut dengan polifenol. Polifenol bersamaan dengan senyawa lainnya di dalam lidah buaya memberi manfaat lidah buaya untuk menghambat pertumbuhan bakteri tertentu yang bisa menyebabkan infeksi.

  1. Mempercepat penyembuhan luka bakar

Manfaat lidah buaya lain adalah seringnya tanaman ini digunakan sebagai obat topikal alias lebih sering digosokkan di kulit daripada dimakan. Khasiatnya adalah untuk mempercepat proses penyembuhan luka, terutama luka bakar.

  1. Mengurangi plak gigi

Kerusakan gigi yang disebabkan karena penumpukan plak adalah hal yang paling sering terjadi. Dan salah satu cara terbaik untuk menguranginya adalah dengan membilas mulut menggunakan 100% jus lidah buaya murni. Ya, manfaat lidah buaya lain adalah untuk mengurangi plak gigi serta membunuh bakteri yang bisa memproduksi plak seperti Streptococcus mutans serta ragi Candida albicans.

  1. Mengobati kanker tenggorokan

Sariawan yang berlangsung secara terus-menerus bisa menjadi cikal bakal tumbuhnya sel kanker tenggorokan. Dan manfaat lidah buaya lain adalah mampu menyembuhkan sariawan tersebut dengan cara mengoleskan getah lidah buaya di area yang terkena sariawan secara terus-menerus.

  1. Mengurangi konstipasi

Gel lidah buaya mengandung senyawa alami yang disebut dengan aloin atau barbaloin. Zat ini memiliki sifat pencahar sehingga manfaat lidah buaya berikutnya adalah untuk mengurangi konstipasi.

  1. Menurunkan gula darah

Manfaat lidah buaya yang lain adalah untuk menurunkan kadar gula di dalam darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rajin mengonsumsi lidah buaya memiliki gula darah yang rendah sebab senyawa alami dalam lidah buaya akan meningkatkan sensitivitas insulin.

  1. Menghidrasi tubuh

Lidah buaya merupakan tanaman yang tinggi akan kandungan air di dalamnya. Sehingga manfaat lidah buaya lainnya adalah untuk menghidrasi tubuh. Tubuh yang terhidrasi dengan baik membuat racun akan keluar dengan lancar sehingga organ tubuh bisa berfungsi dengan maksimal. Tubuh yang terhidrasi dengan baik juga memungkinkan untuk terjadinya proses pemulihan yang cepat setelah kamu berolahraga.

  1. Meningkatkan fungsi lever

Untuk mendukung kesehatan lever, maka detoksifikasi adalah kuncinya. Dan manfaat lidah buaya berikutnya adalah mendukung proses tersebut. Konsumsi lidah buaya juga memberikan suntikan nutrisi untuk lever karena tingginya kandungan fitonutrien di dalamnya.

  1. Menutrisi tubuh

Seperti yang sudah disebutkan, lidah buaya dipenuhi dengan beragam nutrisi alami. Mengonsumsinya membuat manfaat lidah buaya akan memasuki tubuh dengan cara menutrisi dan meningkatkan imunitas.

  1. Mengatasi naiknya asam lambung

Minum lidah buaya akan membantumu untuk mengatasinya naiknya asam lambung. Sebabnya lidah buaya tinggi akan kandungan nutrisi alami yang bisa menurunkan asam lambung.

Selain manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuhmu secara keseluruhan, berikut adalah manfaat lidah buaya lainnya yang lebih spesifik untuk kecantikan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!