Manfaat Berjalan Kaki Tanpa Alas Kaki Bagi Kesahatan

Berjalan kaki tanpa memakai alas kaki mungkin biasa kita lakukan di rumah. Tapi, sebagian besar orang percaya bahwa berjalan atau olahraga bertelanjang kaki di luar rumah lebih menyehatkan. Ketika bayi mulai belajar jalan, orangtua sering dinasihati untuk membiarkan proses ini berjalan alami tanpa sepatu. Hal itu disebabkan sepatu bisa memengaruhi cara bayi menggunakan otot dan tulang kaki. Ketika anak tumbuh besar, mereka terbiasa menggunakan alas kaki ke mana-mana dan tak dibiarkan lagi beraktivitas “nyeker”.
Sebenarnya, seberapa pentingkah membiarkan kaki tanpa alas?

 

“Manfaat paling langsung dari tidak memakai alas kaki adalah mengembalikan ‘pola berjalan natural’ atau disebut juga gaya jalan kita,” kata Dr.Jonathan Kaplan, dokter bedah ortopedi.

 

Bantalan Jika kita masuk ke toko sepatu, kita akan melihat banyak jenis sepatu dan hampir semuanya memiliki bantalan yang tebal. Menurut Dr.Bruce Pinker, walau sepatu atau sandal dengan bantal tebal itu nyaman dipakai, tapi sebenarnya bisa menghambat penggunaan kelompok otot tertentu di kaki yang sebenarnya dapat menguatkan tubuh.

 

Menurut Pinker, ada beberapa manfaat dari berjalan tanpa alas kaki yaitu lebih mudah mengontrol posisi kaki saat menjejak permukaan, tingkat keseimbangan dan kesadaran tubuh, yang lebih baik, sehingga membantu mengurangi nyeri. Mekanik kaki lebih baik, hal ini akan memperbaiki mekanik panggul, lutut, dan batang tubuh, menjaga rentang gerak kaki dan sendi tumit, sehingga kekuatan dan kestabilan otot lebih baik. Bertelanjang kaki juga bisa membuat kaki lebih nyaman setelah menggunakan sepatu yang tidak pas, otot kaki akan lebih kuat, sehingga dapat menyokong bagian tulang belakang lebih baik.

 

Bertelanjang kaki di luar rumah perlu berhati-hati karena mungkin ada potensi bahaya. Permukaan yang kasar atau licin bisa berbahaya, selain juga benda-benda tajam di tanah. Untuk penderita diabetes melitus, konsultasikan dulu dengan dokter jika ingin berjalan kaki tanpa alas. Dibutuhkan kesabaran dan mulai secara perlahan untuk membiasakan diri berjalan tanpa alas kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!