MANAJEMEN PROPERTI di Bali dengan KINERJA PROFESIONAL – Kanaya Hospitality Suskes Management

Perkembangan industri properti di Bali, khususnya yang berkaitan dengan pariwisata, terbilang cukup pesat dari tahun ke tahun. Terbukti dari banyaknya usaha seperti hotel, villa, spa dan restoran yang kian bermunculan. Kenyataannya di lapangan, masih banyak perusahaan yang berkecimpung di bidang hospitality tersebut dikelola secara konvensional. Hal ini tentunya menjadi satu peluang untuk membenahi dan ikut mengelola hotel, villa, spa dan restoran dengan manajemen yang lebih profesional.

Peluang inilah yang mampu ditangkap dengan jeli oleh Epafroditus Suyanto. Berbekal pengalamannya bekerja di bidang perhotelan sebagai General Manager, ia mantap mendirikan perusahaan jasa konsultan manajemen properti. Perusahaan bernama Kanaya Hospitality Sukses Management ini berfokus pada pengelolaan usaha-usaha yang berkaitan dengan industri pariwisata. Berbagai usaha baik hotel, villa, spa maupun restoran yang telah mempercayakan pengelolaan bisnis mereka, khususnya properti-properti yang ada di wilayah Badung Selatan.

Epafroditus tidak sendirian dalam mengibarkan bendera perusahaan manajemen perhotelan di Bali. Kanaya Hospitality Sukses didukung dan dioperasikan oleh para profesional yang berdedikasi dan berpengalaman dalam industri perhotelan di Bali. Manajemen profesional itu berlandaskan oleh value perusahaan yaitu “Passion, attitude and positive thinking come first, and integrity, reliability, honesty at the same time”.

Seluruh properti yang dikelola Kanaya Hospitality Sukses terkenal akan keunikannya dan tersebar di berbagai daerah indah di Bali. Perusahaan ini mengelola properti terpilih yang berpotensi untuk ditumbuhkan dengan moto perusahaan yaitu layanan keramahtamahan berdasarkan wawasan, sikap, keterampilan dan integritas. Tidak hanya memastikan tata kelola operasional hotel, villa, maupun restoran berjalan sesuai strategi yang telah ditentukan, perusahaan yang beralamat kantor di Jalan Pantai Berawa ini juga memperhatikan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia. Hal ini dilakukan dengan rutin melaksanakan training pada SDM yang ada di tiap-tiap properti yang dikelola.

“Saat ini kami telah mengelola 16 properti di bidang hotel maupun villa serta empat usaha restoran,” ujar Epafroditus Suyanto.

Hotel dan villa tersebut tersebut tersebar di Jimbaran, Umaalas, Seminyak, Canggu, Denpasar, dan Ubud. Antara lain : Sandhya Villa Canggu, del Cielo Villa Jimbaran, Lalasa Villas, Bali Prime Villas, Kubu Bali Baik, Bali Nyuh Gading Villa, The Visala, The Canggu Boutique Villas & Spa, La Paradis Villa The Sakaye Luxury Villas & Spa, Villa Del Mar, Sandhya Villa Ubud, Freddies Villas Ubud, The Kings Villa, dan del Cielo Villa Seminyak. Sedangkan untuk restoran antara lain : Akame Resto, Ocean Star, Hong Xing, dan Sukawati Crispy Duck.

Adapun layanan yang dikembangkan Epafroditus di Kanaya Hospitality Sukses yaitu Layanan Studi Kelayakan dan Layanan konstruksi dan desain hotel. Layanan studi Kelayakan mencakup semua aspek yang terkait dengan kemungkinan untuk membangun dan mengelola hotel. Layanan ini termasuk otensi segmen pasar saat ini dan masa depan, fokus target dan persyaratannya. Analisis SWOT untuk proyek hotel di lokasi tertentu. Hingga Estimasi kasar Operasi Arus Kas.

Layanan lainnya adalah Hotel Design and Construction. Layanan ini untuk membantu pemilik, pengembang, dan investor dalam semua aspek pengembangan dan pengelolaan proyek, mulai dari langkah awal, persiapan, rekomendasi, dokumen hukum dan lisensi, perawatan lahan hingga pekerjaan penyelesaian bangunan.

Menjaga Komitmen dan Kepercayaan

Sebelum terjun ke dunia usaha, Epafroditus juga sempat meniti karir di perusahaan milik orang lain. Pria asal Prigen, Jawa Timur tersebut telah menekuni karir di industri pariwisata sejak duduk di bangku kuliah. Alasannya menaruh passion di industri ini yaitu melihat adanya peluang karir yang sangat menjanjikan serta biaya pendidikan yang harus dikeluarkan tidak terlalu besar. Sikap giat bekerja dan berusaha yang dimiliki mengantarkan Epafroditus menapaki tangga karir sedikit demi sedikit. Mulai dari jabatan operation manager, room coordinator, hingga General Manager sukses dikantonginya.

Saat bekerja sebagai GM di salah satu villa di Bali, ia mendapat tawaran dari salah seorang teman untuk memberikan konsultasi mengenai pengelolaan bisnis hotel milik Sang Kawan tersebut. Bermodal wawasannya mengelola hotel dan villa sebelumnya, Epafroditus pun menyumbangkan gagasan-gagasan kreatifnya untuk memajukan usaha temannya. Ternyata usaha tersebut mampu berkembang, dari sebelumnya menggunakan pola manajemen konvensional, kini menjadi lebih profesional.

Keberhasilan membantu usaha kenalannya tersebut membuat Epafroditus semakin yakin untuk menekuni jasa konsultasi hotel manajemen. Masih banyak hotel maupun villa yang bermunculan di Bali yang belum dikelola dengan manajemen profesional, sehingga hal ini menjadi prospek menjajikan ke depannya. Ia pun mundur dari pekerjaannya yang terbilang nyaman secara finansial untuk menyambut tantangan sebagai pengusaha.

Menurut Epafroditus, bisnis hotel maupun villa tidak selalu bicara soal keuntungan dan okupansi kamar. Bukan pula mengenai kepopuleran merk atau brand. Hal yang paling esensial dalam bisnis perhotelan adalah menjaga komitmen dan kepercayaan. Melalui prinsip tersebut, ia mampu menjaga hubungan baik dengan para klien. Bahkan sering kali klien yang datang menggunakan jasanya mendapat rekomendasi dari klien yang telah lama bekerja sama dengannya.

Selain itu, ia tidak melihat pengelola hotel management lain sebagai ancaman. Justru dengan adanya perusahaan sejenis lainnya, menjadi pelecut semangat untuk memperbaiki kualitas diri. Tanpa adanya kompetitor, membuat seorang pengusaha lengah dan justru stagnan dalam berinovasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!