Mampu Berproses adalah Pondasi Awal dalam Menuju Sebuah Keberhasilan

“Awalnya hanya membantu usaha mertua saja saat saya baru menikah dengan suami”, tutur Meri pemilik usaha Pie Susu Spesial. Ia mengaku diawal membuka usaha masih dalam suasana satu rumah dengan mertua, tentu tidak terlepas atas izin dari sosok mertua yang selalu mendukung ia sebagai seorang menantu dengan harapan yang terbaik.

Bisnis Pie Susu Spesial yang sama dengan mertua, tempat produksi yang masih satu rumah dengan mertua tidaklah menjadi sebuah permasalahan dalam keluarga Meri, itu bermula pada tahun 2009. Usahanya saat itupun berjalan dengan lancar meskipun mertuanya sendiri yang menjadi kompetitor usahanya. Hal itu dikarenakan strategi marketing usaha mereka yang sangat baik, mereka memiliki tempat distribusi masing-masing dalam memasarkan produk usaha mereka.

Tahun 2012 Meri memutuskan untuk tidak tinggal lagi bersama mertua dikarenakan anak-anaknya sudah mulai tumbuh besar dan saat itu juga ia ingin mengembangkan usaha Pie Susu Specialnya agar lebih berkembang dan lebih eksis juga tentunya. Memilih menyewa kontrakan toko untuk mengeksistensikan Pie Susu Special miliknya adalah pilihan terbaik bagi Meri dan suami.

Benar saja, hanya dengan menyewa kontrakan toko berhasil membuat usahanya ramai bahkan hingga berhasil membuka 3 cabang Pie Susu Special. Target pasar yang tampak jelas dalam membeli produknya adalah para wisatawan domestik yang sedang berkunjung ke Bali. Mereka memburu Pie Susu Special sebagai bukti bahwa mereka telah mengunjungi Pulau Dewata dengan membeli Pie Susu khas Bali, bahkan Pie Susu Special milik Meri dibawa ke negara mereka untuk dijadikan oleh-oleh khas Bali.

Berhasil dalam mengembangkan produk usahanya yang hanya berawal dari usaha rumahan hingga membuka 3 cabang toko bukanlah hal yang mudah bagi Meri, ia mencoba berbagi cara agar produknya tetap eksis mengikuti perkembangan zaman. Dengan seiring perkembangan waktu tersebut terlihat jelas semakin menjamur usaha serupa di Pulau Seribu Pura ini yang memacu Meri untuk bisa bersaing dengan kompetitor serupa.

Bersaing dengan kompetitor serupa membuat Meri terus berinovasi dalam memproduksi Pie Susu Special miliknya. Inovasi yang dilakukannya sangat menarik sekali yaitu membuat Pie Susu dengan varian selai buah yang ternyata berhasil membuat pecinta Pie Susu semakin ketagihan untuk membeli Pie Susu Special dengan varian selai buah inovasinya.

Dalam situasi normal Meri bisa menjual 800 box Pie Susu, dalam 1 box berisi 9 Pie Susu Special dengan harga Rp. 20.000 untuk Pie Susu Original dan untuk Pie Susu varian selai buah seharga Rp. 22.000 per box. Namun, disayangkan sekali karena saat ini dalam situasi pandemi Covid-19 membuat usahanya yang berlokasi di Jl. Nangka Selatan no 205 Denpasar, tidak seramai dulu saat sebelum pandemi.

Baginya, pandemi ini merupakan salah satu tantangan terbesar selama menjalankan usaha Pie Susu Special. Meski demikian, Meri tidak pantang menyerah dalam melanjutkan usahanya. Ia yakin badai pasti berlalu dan semua akan kembali baik lagi nanti jika sudah waktunya. Meri juga tetap melakukan bakti sosial dengan berbagi sembako pada beberapa masyarakat yang membutuhkan walaupun penghasilan dari usahanya tidak seperti dulu.

Berbuat baik, pantang menyerah, tidak putus asa, berani mencoba, tetap semangat, dan tetap berproses merupakan pondsi awal dalam membangun sebuah usaha. Lakukan yang terbaik dan manfaatkan peluang sebaik mungkin. Jangan pernah berhenti bila gagal, sebab gagal adalah bagian dari proses menuju keberhasilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!