Layanan Inovatif Anom Vet Clinic Maksimalkan Pelayanan Kesehatan Hewan Kesayangan

Melakoni profesi sebagai dokter hewan merupakan cita-cita yang tersampaikan dalam kehidupan drh. I Dewa Made Anom. Dokter hewan satu ini telah memiliki ketertarikan terhadap dunia kesehatan hewan sejak masa kanak-kanak dulu. Kesesuaian antara passion dengan pilihan karier akhirnya membawanya pada kesuksesan membangun usaha klinik hewan di Denpasar, Bali. Klinik yang bernuansa serba ungu ini dikenal karena fasilitas yang lengkap mulai dari layanan antar jemput hingga ruang VIP khusus pemilik yang ingin menemani hewan kesayangan saat dirawat inap.

Saat ini kesadaran masyarakat Bali terhadap kondisi kesehatan hewan peliharaan kian meningkat. Hal itu ditandai semakin banyaknya klinik hewan maupun petshop bermunculan di Pulau Dewata. Namun ada kalanya saat hewan kesayangan mengalami gangguan kesehatan namun terkendala saat ingin membawa hewan mereka ke klinik. Hal inilah yang mendorong drh. I Dewa Made Anom dalam menyediakan layanan antar jemput bagi pasien hewan di kliniknya.

“Kami menyediakan layanan penjemputan hewan dalam kondisi darurat medis dengan fasilitas ambulans serta tenaga kesehatan yang siap kapan saja datang ke rumah”, ujar Dokter Anom.

Selain layanan antar jemput ada pula layanan home service yang dapat dimanfaatkan masyarakat yang ingin merawat hewan mereka di rumah. Sama seperti layanan emergency, home service juga ditangani oleh tenaga kesehatan berpengalaman. Ada juga pemilik hewan yang membawa peliharaan mereka ke Anom Vet Clinic milik Dokter Anom demi mendapatkan penanganan dengan fasilitas yang lebih lengkap.

Klinik yang berlokasi di kawasan pariwisata tepatnya Jl. By Pass Ngurah Rai, Gang Sehati No. 9A Pesanggaran Denpasar Selatan ini, dilengkapi dengan ruang operasi, peralatan USG, X-Ray dan peralatan diagnostik lainnya. Selain itu terdapat kolam fisioterapi yang didesain sedemikian rupa agar aman dan nyaman. Dokter Anom menjelaskan bahwa ia mengadopsi teknologi dari luar negeri lalu direkondisikan agar dapat memberikan layanan berkualitas tanpa mengeluarkan anggaran yang begitu besar. Sehingga nantinya dapat memberi layanan dengan harga terjangkau.

Konsep lainnya yang ia adaptasikan dari pengalamannya yang kerap mengunjungi berbagai klinik hewan di berbagai negara adalah ruang tindakan dengan partisi kaca. Dengan demikian bagi pemilik hewan dapat melihat kondisi hewan kesayangan saat dirawat oleh para tenaga medis tanpa mengalihkan fokus hewan mereka. Bahkan Anom Vet Clinic juga menyediakan ruang khusus yang dapat digunakan para pemilik hewan untuk beristirahat selama menemani hewan mereka dirawat inap.

Dokter Anom berupaya terus menggali inovasi lainnya demi meningkatkan kepuasan para pengguna jasa kesehatannya. Para pelanggan yang puas terhadap pelayanan di klinik tersebut umumnya merekomendasikan Anom Vet Clinic ke lingkungan sosial mereka. Hal ini membuat nama Anom Vet Clinic makin familiar di telinga para pecinta hewan. Pelanggan klinik ini tidak hanya datang dari kalangan masyarakat lokal namun banyak juga wisatawan domestik, wisatawan mancanegara, maupun kalangan ekspatriat.

Cita-cita

Ditanya mengenai alasannya memilih karier sebagai dokter hewan, Dokter Anom mengungkapkan bahwa ia terinspirasi oleh mantri hewan yang dulu sering mengobati hewan ternak di kampung halamannya. Pria asal Petang, Kabupaten Badung ini bertumbuh di keluarga petani sekaligus peternak. Suatu ketika ada wabah yang menyebabkan ternak ayam dan itiknya banyak yang mati. Sayangnya mantri hewan tidak bisa menangani wabah pada hewan berukuran kecil. Itulah yang memotivasi Dokter Anom untuk mengetahui lebih lanjut tentang dunia pengobatan hewan.

Saat lulus SMA tepatnya di tahun 1990, ia telah mantap melanjutkan kuliahnya ke Fakultas Kedokteran Hewan di Universitas Udayana. Sebelum merampungkan gelar Dokter Hewan di tahun 1997, ia telah aktif bekerja di sebuah klinik hewan milik seorang seniornya. Akhirnya setelah lulus, ia memutuskan pulang ke kampung halaman untuk mengaplikasikan ilmu yang ia dapat. Ia membantu para pemilik hewan ternak dengan menyediakan layanan kesehatan sekaligus mengedukasi masyarakat dalam menjaga kesehatan hewan dan lingkungan. Menurutnya kesehatan hewan juga akan berpengaruh pada kesehatan manusia.

“Apabila manusia hidup berdampingan dengan hewan yang sakit maka kemungkinan manusia akan ikut tertular penyakit. Maka sangat penting bagi kita untuk memperhatikan lingkungan sekitar kita terutama kesehatan makhluk hidup lainnya”, tuturnya.

Singkat cerita di tahun 2000, Dokter Anom berpraktek di Denpasar dengan membuka layanan home service. Bermodal sebuah sepeda motor dan sebuah tas yang berisikan berbagai macam peralatan medis, ia berkeliling dari satu rumah ke rumah lain untuk mengobati pasiennya. Hal itu ia lakoni setiap hari dari pagi hingga petang hari. Bahkan tak jarang saat larut malam ia sigap datang melayani panggilan darurat. Semua itu dilakukan atas dasar rasa pengabdian terhadap profesi yang ia cintai.

Akhirnya setahun kemudian ia berhasil mengontrak sebuah rumah sebagai tempat berprakteiknya. Lalu di tahun 2006 berhasil melakukan perluasan klinik yang berada di lokasi saat ini. Tidak hanya mampu memajukan diri sendiri ia juga menebar manfaat dengan cara membuka lapangan kerja bagi banyak orang.

Dokter Anom sering berkesempatan sebagai pembicara dalam seminar memberikan motivasi kepada generasi muda untuk berwirausaha. Ia berpesan untuk tidak melihat cerita kesuksesan orang lain saja melainkan lebih menggali bagaimana proses di balik keberhasilan itu. Sehingga ketika menghadapi tantangan tidak lantas menyerah melainkan siap menghadapi rintangan dengan solusi terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!