Kiat Inovatif Generasi Pembaharu CV. Crystal Hadapi Masa Pandemi

Mendirikan usaha kemudian mengembangkannya, bukan satu-satunya tugas yang harus dilaksanakan seorang pengusaha. Justru beban yang lebih berat adalah mempertahankan usaha agar tetap langgeng dalam jangka waktu yang panjang. Nyatanya rahasia eksistensi sebuah usaha hingga puluhan tahun lamanya terletak pada upaya Sang Pendiri dalam regenerasi usaha. Diharapkan melalui proses regenerasi ini, generasi pembaharu dapat berinovasi dan menyumbang ide-ide konstruktif demi memajukan perusahaan. Apalagi di situasi pandemi seperti sekarang.

Salah satu pengusaha muda yang dipercaya melanjutkan tongkat estafet usaha adalah Erika Wiyanto. Perempuan yang baru berusia 26 tahun ini dipercaya melanjutkan kepemimpinan usaha dari orangtuanya. Bidang usaha yang digeluti saat ini adalah distributor kebutuhan pokok di bawah bendera usaha CV. Crystal. Perusahaan yang beralamat di Jalan Cargo Permai, Ubung, Denpasar ini telah beroperasi sejak tahun 1991. Dimana pencetus usaha tersebut adalah kedua orang tua Erika Wiyanto.

Agaknya keputusan orang tua Erika dalam hal memilih bidang usaha retail grosir kebutuhan pokok merupakan pilihan tepat. Sebab peluang di bisnis ini tidak pernah surut. Bidang usaha ini menjadi salah satu yang tidak terpengaruh oleh kondisi apa pun. Terbukti pada masa pandemi seperti sekarang ini, di mana banyak jenis usaha lainnya yang tumbang. Namun CV. Crystal tetap bertahan dan beroperasi seperti sedia kala.

“Memang ada sedikit penurunan omset, namun usaha kami tetap berjalan. Sebab masyarakat masih tetap membutuhkan keperluan sehari-hari seperti sembako dan lainnya,” ujar Erika.

Lanjut Erika menambahkan, CV. Crystal beroperasi di area Bali dan mempunyai tiga cabang yaitu Denpasar, Tabanan dan Jimbaran. Salah satu keunggulan CV.Crystal yaitu menawarkan harga sangat kompetitif. Perusahaan ini melayani penjualan partai kecil ( eceran) maupun partai besar dengan harga Bersaing, serta siap mengantar barang langsung ke konsumen baik di wilayah kota Denpasar maupun di luar kota Denpasar.

Inovatif

Sedikit napak tilas sejarah berdirinya CV. Crystal, Erika menuturkan bahwa ayahnya dahulu merupakan seorang distributor rokok merk Crystal dari situ nama CV. Crystal muncul.

Bersama istri, Agus Wiyanto membuka toko kelontong yang menyediakan sembako. Lantaran dulu sempat menjadi pemasar rokok dengan merk crystal, nama itulah kemudian digunakan untuk menamai usaha mereka.

Putri pasangan Agus Wiyanto dan Sudarmiati ini telah resmi menggantikan peran kedua orang tua dalam melanjutkan kepemimpinan usaha sejak tahun 2015 lalu. Meski baru lima tahun menekuni dunia usaha, Erika cukup menguasai tata kelola usaha yang menaungi 150 orang karyawan tersebut. Erika menjelaskan bahwa sedari dini orangtuanya telah membekalinya dengan pengalaman menjalankan bisnis retail grosir tersebut.

“Sejak kecil saya sudah dilibatkan untuk membantu pekerjaan orang tua, mulai dari tugas-tugas sederhana. Pada saat liburan di masa sekolah tiba saya juga tidak bisa berleha-leha, melainkan ikut membantu orang tua dalam melaksanakan kegiatan pencatatan keuangan,” tutur Erika.

Meski awalnya ia mengaku sempat kesulitan, terutama pada masa transisi penyerahan tongkat estafet usaha. Lantaran orang tua yang jauh memahami seluk beluk usaha telah sakit terlebih dahulu. Namun melalui kekuatan doa serta niat yang kuat untuk mau menambah wawasan dari berbagai sumber, ia pun semakin memahami manajemen usaha yang baru digelutinya tersebut.

Sebagai generasi pembaharu, alias penerus kepemimpinan usaha yang telah berdiri selama puluhan tahun. Tentunya Erika memiliki kiat dan strategi tersendiri agar dapat memajukan usaha yang sudah ada. Salah satunya adalah selalu mencari ide-ide inovatif yang bersifat konstruktif. Ia mejelaskan upayanya yaitu selalu memperbaharui informasi mengenai apa yang sedang dibutuhkan konsumen di masa sekarang. Selain riset mengenai tren di pasaran ia juga memaksimalkan teknologi yang ada baik dalam kegiatan akunting, pemasaran, dan promosi.

Semua itu dilakukan agar mencapai visi perusahaan yaitu menjadi retail grosir no.1 di Bali, dicintai oleh pelanggan & karyawan. Hal itu berusaha diwujudkan dengan cara menjaga kualitas barang yang dijual, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan pemasok, berinovasi dalam bekerja mengikuti perkembangan, harga terbaik, dan barang yang lengkap.

Erika berpesan kepada kawan-kawan generasi muda di luar sana agar tidak terjebak dalam zona nyaman. Semasih berada di usia yang muda, sebaiknya mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. Nantinya bekal pengalaman terebut dapat digunakan untuk mengembangkan usaha secara mandiri atau apabila nanti diberi kepercayaan melanjutkan suatu usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!