Kemilau Pengetahuan Investasi Masa Depan

Salah satu kelebihan manusia adalah bertanya. Ketakjuban dan keraguan menjadikan pertanyaan yang terlontar dari akal manusia senantiasa muncul. Dengan pertanyaan pula kehidupan dan pengetahuan mengalami kemajuan. Tidak dapat dibayangkan bila manusia berhenti bertanya. Kehidupan tidak akan berkembang dan pengetahuan tentu akan menemui jalan buntu.

Manusia bukan hanya bertanya di luar eksistensinya, melainkan mempertanyakan pula dirinya sendiri. Hasrat bertanya manusia mempertanyakan segalanya adalah hal yang membuatnya akan terus ada, maka dari itu seorang pengusaha ‘Jewelry Manufacturer’ asal Bali yang bernama I Kadek Mustika dalam meniti karirnya tidak pernah segan untuk bertanya kepada siapapun agar bisa menangkap semua ilmu untuk ia kembangkan.

Keinginan yang kuat untuk membangun bisnis di bidang perhiasan ini juga yang membuatnya untuk terus meriset segala perkembangan dan tren global saat ini, hingga perusahaannya yang bernama ‘Romo Jewelry Manufacturer’ bisa terus meraksasa. Terhitung dari tahun 1995 hingga sekarang produknya sudah melanglang buana diekspor ke berbagai negara.

Dalam bekerja, pria yang akrab di panggil Romo ini selalu menganggap bahwa semua rekan kerjanya adalah teman. Hal ini penting karena menurutnya akan menumbuhkan budaya kerja yang nyaman dalam menumbuhkan kedekatan emosional pada saat menjalin hubungan kerja, hingga karakternya yang mudah bergaul itu mengantarkannya ke lingkaran pertamanan lintas negara. Dan benar saja, pada tahun 1999 ia dipercaya mendapatkan kesempatan untuk bekerjasama dengan temannya yang berkewarganegaraan Swiss untuk pemenuhan standar kualitas gerainya di negara itu.

Ketika bekerja, Romo sangat fleksibilitas dengan jarak. Hingga 5 tahun pengalamannya di Swiss, membuahkan banyak pengetahuan dan pengalaman yang membuka wawasannya lebih luas lagi. Dari pengalaman yang ia tempa di negara itu, membawa kepulangannya ke Bali dengan ide penuh di kepalanya. Di era digital yang serba cepat sekarang, iapun menyadari bahwa semuanya akan semakin tertinggal jika ia malas mengejar lajunya teknologi. Hingga untuk mengejar kualitas produksinya iapun memilih untuk membeli dan melengkapi berbagai mesin kebutuhannya sebagai aset, karena menurutnya untuk mencapai standar kualitas global setiap produk yang dilahirkan harus mempunyai karakter, dan untuk menunjang hal itu tentulah alat-alat teknologi dan konvensional harus tersedia di tempatnya.

Dalam proses meniti karir bisnisnya, sebagai seorang insan Romo menyadari bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa berjalan sendiri untuk mencapai tujuannya, maka dari itu ketika menjalani proses tersebut semuanya harus mempunyai landasan etika yang baik sehingga hubungan dengan lingkungan sosial bermasyarakat akan selalu ia junjung tinggi agar keselarasan terjalin dan pintu rezeki akan terbuka semakin luas.

Romo sendiri hingga sekarang masih aktif dalam beberapa organisasi sosial, dan ia juga sangat mengharapkan generasi muda saat ini untuk ikut berperan aktif dalam membangun organisasinya sendiri. Karena setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur sebagai wadah untuk bekerja sama dalam mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan. Dengan itu menurutnya strategi ini sangat efektif bagi para generasi muda untuk mengawali langkah bisnis dan relasi yang akan dibangunnya.

Romo juga membocorkan rahasia suksesnya dalam membangun bisnis ini sehingga tetap bertahan selama puluhan tahun. Rahasia itu tak lain terletak pada kualitas produk dan ketepatan waktu, hingga hal itu dapat menciptakan kepuasan batin Romo sendiri ketika klien atau pembeli merasa puas dengan hasil rancangannya. Oleh karena itu, ketika kualitas produk dan ketepatan waktu telah dilakukan maka perkara harga dari sebuah produknya tidak boleh ditawar lagi.

Saran Romo, jangan khawatir dengan prospek bisnis perhiasan. Apalagi di era sekarang perhiasan bukan lagi sekadar penunjang penampilan, tapi juga salah satu instrumen investasi yang nilainya terus merangkak naik. Bisnis perhiasan akan terus mengikuti perkembangan mode, sehingga prospeknya diprediksi akan tetap menarik ke depannya.

‘Romo Jewelry Manufacturer’ sekarang memang sudah besar, tapi perlu diingat bahwa Romo sendiri memulai bisnisnya dari nol. Membangun kepercayaan dengan customer menjadi satu hal yang sangat sulit dilakukan. Mau tidak mau, salah satu cara yang dilakukan Romo dalam membangun kepercayaan tersebut adalah memberikan jaminan kualitas. Tetapi cara itu tidak mudah dilakukan dan membutuhkan proses yang lama.

Kesuksesan yang di dapat Romo sekarang tentulah sudah melewati berbagai lika liku perjalanan, hingga sekarang terbukti dari hasil kerja kerasnya itu, ia dapat menyekolahkan anaknya kuliah di ‘Melbourne University’ hingga selesai dan dapat menghantarkan anaknya sekarang bekerja di konsulat Inggris yang menjadi kebanggaannya tersendiri sebagai orangtua.

Satu hal paling esensial yang dapat kita petik dalam perjalanan hidup ‘I Kadek Mustika’, bahwa kualitas pembelajaran seseorang akan menjadi pembeda utama antara diri kita dan orang lain. Oleh karena itu jika hidup adalah perjalanan, maka kumpulkanlah bekal sebanyak-banyaknya untuk perjalanan itu dan pastikan semua bekal yang terkumpul itu akan berguna untuk mencapai tujuannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!