Kembangkan Pariwisata Nusa Lembongan Bersama Rocky Fast Cruises

Selain desanya yang asri, Desa Jungut Batu, Nusa Lembongan memiliki pantai yang eksotis. Keindahannya pun sudah sejak lama menarik hati para wisatawan, meski tak setenar seperti saat ini. Dari surga terpencil inilah, lahir seorang pengusaha bisnis transportasi air sukses, ialah I Made Senaya atau yang lebih akrab dipanggil “Rocky”.

Karena memiliki postur tubuh yang besar, pengusaha Rocky Fast Cruises, I Made Senaya lebih akrab dipanggil “Rocky” sejak remaja. Ia lahir dari keluarga petani, yang bila dibandingkan dengan keadaan saat itu, cukup beruntung karena tanaman seperti ketela dan kelapa yang ditanami di atas lahan pribadi, dapat mudah tumbuh subur.

Lulus SMA, Rocky memutuskan untuk merantau ke Bali. Ia banyak menghabiskan waktu di pantai hingga julukan “omang-omang” ia dapatkan dari rekan-rekannya yang juga bekerja di pantai. Pekerjaan yang ia lakoni saat itu, yakni menawarkan penginapan kepada wisatawan yang turun dari boat, aktifitas tersebut ia kerjakan 10- 15 tahun di Sanur dan Kuta, dibantu oleh rekannya yang bernama Pak Nyoman Muncul, yang memberinya bimbingan dan ilmu.

Pada saat itu kapal masih memakai layar dan bambu, salah satunya kapal dari milik Pak Nyoman Muncul. Beliau memiliki usaha trip menuju Sanur, Nusa Lembongan dan Lombok, yang dapat dikatakan untuk memperoleh tamu, cukup mudah pada masa itu. Rocky pun saling membantu, dengan menawarkan jasa mencari tamu untuk rekan-rekannya yang memiliki boat.

Hingga akhirnya seiring dengan kerja kerasnya, Rocky mengumpulkan modal dan tekadnya untuk memiliki boat sendiri dengan kapasitas 14 orang dan trip selama satu minggu menuju Nusa Lembongan, Lombok dan Sumbawa. Aktifitas tersebut ia tekuni selama 15 tahun, bukan waktu yang sebentar untuk mengorbankan waktunya bersama keluarga, terutama anak-anaknya yang setiap ia temui telah tertidur pulas.

Tak ingin menikmati menikmati kesuksesannya sendiri, Rocky juga mengajak saudara-saudaranya untuk terlibat dalam membangun perekonomian Nusa Lembongan, dengan inisiatif untuk lebih mengembangkan pariwisata di Nusa Lembongan, dan menyandarkan fast boatnya di pulau tersebut. Sebelumnya, boat untuk menuju Lembongan memang telah tersedia, namun untuk kembali dari pulau tersebut sama sekali tidak ada. Faktor tersebut juga yang mendorong Rocky untuk memudahkan wisatawan untuk mengenal Lembongan lebih dekat.

Rocky beruntung memiliki rekan yang memberinya inspirasi dalam membangun bisnis, salah satu seniornya, pemilik dari Scoot Fast Cruise merupakan penyedia boat yang mampu menampung wisatawan domestik maupun wisatawan luar negeri dari 14 hingga 80 orang. Meski cukup besar, ia melihat rekannya tersebut sangat kewalahan dalam menangani penumpang. Ia pun terbersit untuk merancang fast boat dengan trip setiap hari menuju Sanur-Lembongan. Ia pun mendapat dukungan dari Bupati Klungkung, Bp. Candra sehingga mampu menambah lima armada lagi.

Menulis Surat Untuk Orangtua

Mengingat kembali bagaimana orangtuanya yang gigih mencari sesuap nasi untuk keluarga, membuat Rocky tak kuasa menahan haru. Ia dan orangtua harus pergi ke Nusa Penida untuk menjual garam atau menukarnya dengan bahan makanan lain. Untuk menuju pulau tersebut, Rocky dan keluarga pun harus berjalan kaki.

Lulus dari SMP Nusa Penida, Rocky kemudian melanjutkan SMA di SLUA Klungkung. Untuk memenuhi kebutuhannya di pulau seberang, ia harus mengirim surat kepada orangtua yang berada di Nusa Lembongan. Bukan basah karena air laut, surat tersebut basah oleh air matanya saat ia kembali membaca surat yang telah ia tulis, karena tak bisa ia pungkiri ada perasaan tidak tega, untuk meminta uang pada orangtuanya yang juga dalam keadaan sulit.

Di sekolah tersebut Rocky bersekolah hanya bersama empat orang teman, meski sederhana ia bertekad untuk menjadi seseorang yang dapat membawa perubahan dalam ekonomi keluarga. Terbukti dari buah kerja keras dan segala masukan ilmu yang ia terima, mampu membangun bisnis kecil hingga turut sukses membangun pariwisata di Nusa Lembongan.

Rocky Fast Cruises dapat menjadi sarana transportasi air terbaik untuk menuju Nusa Lembongan, sebuah lokasi pantai dengan airnya yang jernih, bagi Anda yang memiliki hobi berselancar, menyelam, dan snorkeling. Kapal cepat ini akan mengantar Anda ke Pulau Lembongan dengan layanan keamanan dan kenyamanan. Berangkat dari Pelabuhan Serangan dengan dermaga dan tiba di dermaga pribadi kami di Lembongan. Jangan lewatkan kesempatan Anda untuk pergi ke Pulau Lembongan bersama Rocky Fast Cruise.

Dunia bisnis pasti mengalami pasang surut, namun Rocky merupakan sosok yang memiliki pemikiran positif dan menyerahkan segalanya kepada Sang Pencipta. Ia yakin meski ketersediaan sumber daya alam Nusa Lembongan seperti rumput laut dan garam semakin menipis, Tuhan tidak akan kehabisan cara untuk menganugerahkan kepada ciptaannya yakni sebuah akal, pikiran dan insting untuk tidak pernah berhenti berusaha, salah satunya dengan menempuh jalan membangun bisnis pariwisata.

Dan kini pemilik dari bisnis transportasi air yang telah memberdayakan sdm sebanyak 40 orang ini, berencana akan menambah armada di Lombok pada tahun 2020. Karena melihat armada yang menuju lokasi tersebut, kurang memberikan kenyamanan terlebih perjalanan yang ditempuh cukup jauh. Ia pun merancang fast boat yang cepat dan nyaman, dengan harga yang disesuaikan dengan kualitas yang ditawarkan kepada pengunjung.

Rocky terbilang cukup santai, dalam membangun bisnisnya, namun ia tidak pernah lari dari tanggung jawab, untuk tetap melakukan yadnya kepada Sang Pencipta dan orang-orang disekitarnya, terutama orangtua. Ia yakin semakin banyak memberi, ia akan menerima semakin banyak. Bukti rasa syukurnya ia wujudkan dengan membuat sanggah pemerajan atau tempat suci bagi keluarga dan memodali pembangunan tersebut dari akhir hingga rangkaian upacara untuk meningkatkan kesakralan sanggah tersebut selesai. Ia bersyukur apa yang ia miliki, masih dapat dinikmati orangtua dengan mendapat kesempatan untuk membalas segala kebaikan orangtua, yang kelak akan membukakan pintu surga untuknya dan orangtua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!