Kejujuran Jadi Landasan Memajukan Bisnis Penjualan Kendaraan

Setiap pengusaha tentunya memiliki kiat strategi tersendiri dalam mengembangkan usaha. Ada yang berusaha mengoptimalkan teknik pemasaran, ada pula yang menekankan pada kualitas produk atau jasa yang akan diberikan kepada konsumen. Bagi pengusaha bernama Fahmi Abdullah Jawas, apapun langkah yang diambil guna mengembangkan suatu usaha, harus tetap menjadikan kejujuran sebagai landasan berpikir, berkata maupun berbuat. Selalu menjaga integritas dan mengutamakan kejujuran, ia pun mampu memajukan usaha di era persaingan bisnis yang semakin ketat.

Gesit dalam melirik peluang usaha penjualan kendaraan bekas, Fahmi Abdullah Jawas mampu mendulang kesuksesan sebagai pengusaha di usia muda. Terhitung empat tahun setelah menamatkan kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, ia sudah mampu mandiri merintis showroom penjualan mobil bekas. Hingga saat ini telah berhasil menjual puluhan unit kendaraan dari berbagai brand kenamaan.

Memulai usaha penjualan mobil bekas sejak tahun 2008, hingga kini ia mampu mempertahankan eksistensi usaha. Meskipun setiap tahunnya selalu saja muncul kompetitor baru di bidang usaha sejenis, namun tak membuat Fahmi menyurutkan langkahnya sebagai pengusaha. Salah satu kunci kesuksesannya menjaga kelanggengan usaha selama lebih dari satu dekade yaitu kejujuran dalam melaksanakan kegiatan jual beli. “Sedari awal saya memutuskan mantap melangkah ke dunia usaha, almarhum papa saya selalu berpesan bahwa dalam berusaha di bidang apapun kita harus mengutamakan kejujuran”, ungkapnya.

Selama ini adanya anggapan bahwa mobil bekas memiliki kondisi kurang prima dibanding mobil yang baru dikeluarkan dari pabrikan resmi.

Padahal tidak demikian menurut Fahmi yang sudah menggemari dunia otomotif sejak masa sekolah dulu. Banyak mobil bekas yang beredaran di pasaran dalam kondisi yang masih cukup baik, dari segi tampilan maupun performa mesin. Bahkan ada pula yang tampilannya seperti mobil baru. Semua itu bergantung pada upaya perawatan yang dilakukan oleh pemilik mobil sebelumnya. “Salah satu keuntungan membeli mobil bekas yaitu kita mendapatkan unit yang kita idamkan dengan harga lebih terjangkau serta dengan kondisi masih sangat layak”, tuturnya.

Keuntungan lainnya membeli kendaraan bekas yaitu lebih leluasa dalam mencari model serta merek yang diinginkan. Misalnya saja unit yang ditawarkan oleh Fahmi di showroom-nya yang berlokasi di Jl. Ken Dedes No. 6 Ubung Kaja, Denpasar. Showroom dengan nama Anugerah Perdana Motor ini menyediakan banyak pilihan unit dari berbagai brand, mulai dari Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, hingga Nissan.

Menjual Mobil Berkualitas

Hal yang kerap dikhawatirkan saat bertransaksi mobil bekas adalah kondisi kendaraan yang tidak sesuai dengan keterangan iklan ataupun unsur legalitas kendaraan yang tak memenuhi standar berlaku. Seringkali terjadi kasus penjualan mobil yang tak memiliki dokumen resmi, membuat sebagian orang takut membeli mobil bekas.

Tidak demikian yang akan terjadi apabila bertransaksi di Anugerah Perdana Motor. Fahmi selaku pemilik menjamin bahwa unit yang ia jual orisinil luar dan dalam serta selalu dilengkapi dengan dokumen legal, baik itu Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), maupun faktur pajak. Semua sudah dijamin oleh showroom Anugerah Perdana Motor. “Dalam proses penyediaan unit, kami mengutamakan langsung dari tangan pertama dengan serangkaian uji oleh tim ahli dari Anugerah Perdana Motor Bali dan OLX sehingga selalu terjaga kualitas unit yang kami jual”, tegas ayah dua anak ini.

Fahmi dibantu oleh tenaga teknisi berpengalaman di bidang otomotif yang bertugas melaksanakan rangkaian uji atau inspeksi kelayakan kendaraan. Hanya mobil berkualitas yang ia pasarkan kepada masyarakat sebagai bentuk upaya menjaga integritas dan citra perusahaan. Ia menyadari bila sekali saja berlaku tidak jujur dan merugikan konsumen, maka kerja keras selama belasan tahun membangun branding perusahaan akan sia-sia belaka.

Fahmi berusaha menyediakan kemudahan bagi para konsumennya dalam bertransaksi. Salah satunya dengan menyediakan opsi pembayaran yang lebih fleksibel. Anugerah Perdana Motor siap melayani transaksi dengan pembayaran tunai maupun kredit. Sehingga bagi masyarakat yang ingin membeli mobil namun belum memiliki dana yang cukup, dapat membayar angsuran. Kabar baiknya, Anugerah Perdana Motor menyediakan sistem kredit dengan bunga yang ringan dan proses yang cepat. Juga keuntungan berupa DP ringan sehingga dengan dana terbatas tetap bisa membawa pulang unit yang diinginkan. Tidak perlu khawatir soal layanan purna jual karena Anugerah Perdana Motor selalu memperhatikan kepuasan konsumen dengan menyediakan garansi mesin dan transmisi.

Hobi Otomotif dan Musik

Ketertarikan Fahmi pada mobil sudah dimulai sejak ia berusia kanak-kanak. Seperti anak laki-laki pada umumnya ia memang menggemari mainan mobilmobilan. Ketika bertumbuh remaja, ia semakin getol mendalami wawasan spesifikasi mobil. Saat berada di usia yang cukup untuk mengendarai kendaraan ia kerap meminjam mobil temannya untuk sekedar menikmati sensasi berkendara sendiri.

Setelah menamatkan SMA, Fahmi memilih melanjutkan kuliah ke Fakultas Ekonomi, Universitas Udayana. Salah satu motivasinya menekuni bidang ekonomi karena kedua orangtuanya merupakan dosen yang mengajar di kampus tersebut di fakultas tempatnya berkuliah. Ia berkeinginan dapat mengikuti jejak karier ayah dan ibu ketika telah menamatkan kuliah nantinya.

Hanya saja memang nasib menjadi seorang dosen tidak digariskan untuk Fahmi. Sempat beberapa kali mengikuti seleksi calon dosen, ia tidak kunjung diterima. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk berhenti mencoba tes untuk keempat kalinya dan memilih berkarier di perusahaan swasta. Ia bekerja tak jauh dari disiplin ilmu yang dipelajari semasa kuliah yaitu posisi karier di bidang marketing.

Selain menggemari bidang otomotif, Fahmi juga tertarik pada seni musik. Ia dan teman-temannya membentuk sebuah band. Mereka bersama-sama kerap diundang untuk mengisi acara dan mampu menghasilkan uang dari karya mereka. Namun Fahmi memutuskan untuk tak lagi melanjutkan hobi bermusik saat telah memasuki dunia kerja.

Sementara hobi otomotif tetap berlanjut, bahkan ia melakoninya lebih serius dengan menjadi agen perantara pemasaran mobil bekas. Lebih jauh ia menekuni bidang usaha tersebut dengan membuka showroom dengan tujuan lebih memudahkan calon pembeli melihat unit yang ia jual. Saat itu ia masih berstatus karyawan, sedangkan untuk usahanya ia mempercayakan kepada para karyawan yang ia rekrut.

Setelah menikah dengan wanita pujaan hati di tahun 2010, barulah Fahmi memutuskan resign sebagai karyawan dan fokus sebagai entrepreneur. Keputusan ini sangat tepat karena selain dapat maksimal mengelola usahanya, Fahmi juga dapat memiliki waktu yang fleksibel untuk mengurus keluarga.

Sebagai seorang pengusaha yang telah mencicipi buah hasil kerja keras selama ini, Fahmi berpesan kepada generasi muda saat ini yang baru memulai merintis usaha untuk fokus pada tujuan. Jangan pernah melakukan tindakan yang dapat merusak kepercayaan siapapun apalagi untuk mendapatkan keuntungan yang tak seberapa nilainya. Bila sekali saja kepercayaan itu dirusak maka sulit untuk membangun kembali. Selain itu ia berpesan untuk selalu menjaga kerukunan apalagi hidup di Bali dengan masyarakat yang multikultural.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!