Kabar Duka, Mantan Menteri Pariwisata I Gede Ardika Meninggal Dunia

Majalah Bali – Kabar duka datang dari mantan Menteri Pariwisata dan Kebudayaan ke-8 periode 2000-2004, I Gede Ardika. Beredar kabar I Gede Ardika telah meninggal dunia pada Sabtu 20 Februari 2021 di usia 76 tahun.

I Gede Ardika meninggal dunia di Bandung karena sakit dan akan disemayamkan di rumah duka RS St Boromeus, Bandung.

Info meninggalnya I Gede Ardika beredar media sosial WhatsApp. Dan sampai berita ini diturunkan redaksi tengah mencoba menghubungi pihak keluarga.

Dikutip dari berbagai sumber, I Gede Ardika adalah pria kelahiran Singaraja, Bali, 15 Februari 1945. Ia adalah seorang Menteri Pariwisata dan Kebudayaan Republik Indonesia periode 2000-2004.

Ia menempuh pendidikan di Akademi Perhotelan Nasional Bandung pada 1964 dan lanjutkan pendidikan di Manajemen Perhotelan Institut Internasional Glion di Swiss pada 1969 – 1972.

Saat dirinya menjabat, I Gede Ardika terapkan konsep pembangunan berwawasan budaya dalam kepariwisataan nasional sehingga mendorong berbagai pihak mempertimbangkan budaya dan kearifan lokal dalam perencanaan daerahnya masing-masing.

Dalam bukunya, I Gede Ardika menuliskan bahwa cita-cita sekaligus tantangan kepariwisataan Indonesia saat ini adalah mewujudkan kepariwisataan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan, baik dari sisi ekonomi, sosial budaya, maupun lingkungan. Alternatif jawaban idealisme itu adalah kepariwisataan berbasis komunitas masyarakat sebagai pelaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!