Jalankan Usaha di Bidang Kontruksi Tak Menyurutkan Tekad Mengabdi

Meskipun baru hadir di dunia jasa konstruksi dan arsitek di Pulau Dewata selama 8 tahun belakangan ini, Warta Sidhi Utama mampu memberikan pelayanan jasa yang berkualitas dan terpercaya. Usaha yang dirintis oleh seorang arsitek berpengalaman bernama Nyoman Suciarta ini tidak hanya menawarkan jasa build and design bangunan tapi juga menyediakan aneka produk interior yang dapat disesuaikan dengan preferensi para kliennya. Belakangan selain menekuni dunia usaha khususnya di industri konstruksi, Nyoman Suciarta juga melaksanakan pengabdian di masyarakat melalui kepercayaan sebagai Kelian Dinas di Banjar Dinas Abasan, Desa Singapadu Tengah, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar.

Setiap orang pasti memiliki kriteria tersendiri mengenai tempat tinggal yang nyaman dan layak untuk dihuni. Demi mewujudkan hunian idaman, tak jarang masyarakat menggunakan jasa arsitek profesional. Arsitek tidak hanya bertugas merancang bangunan sesuai spesifikasi yang diinginkan klien, profesi ini juga membantu klien untuk memilih material hingga menyusun anggaran agar sesuai dengan permintaan pengguna jasa arsitek. Setelah itu barulah rancangan arsitek dapat diberikan kepada kontraktor untuk dieksekusi lebih lanjut.

Kegiatan sebagai perancang bangunan telah menjadi bagian dari rutinitas keseharian Nyoman Suciarta sejak dirinya lulus sebagai Sarjana Teknik. Pria yang sempat berkarya di bawah bendera usaha orang lain ini akhirnya memutuskan berdikari dengan mendirikan biro jasa milik sendiri, Wartha Sidhi Utama. Ternyata selain mampu membuat desain suatu produk arsitektur, Nyoman Suciarta juga melayani jasa konstruksi bangunan. Mulai dari menyiapkan material, mencari SDM, hingga tahap membangun semua dapat dikerjakan langsung olehnya.

Pria lulusan Jurusan Arsitek, Fakultas Teknik, Universitas Udayana ini telah dipercaya menangani proyek rumah pribadi maupun bangunan komersial, misalnya vila maupun hotel. Selain mengerjakan design and build, Nyoman Suciarta melalui usahanya Wartha Sidhi Utama juga menyediakan jasa interior. Agar lebih memudahkan dalam mengerjakan proyek penataan interior bangunan, Nyoman Suciarta memproduksi sendiri produk mebel dan kusen. Sehingga ia dapat memastikan kualitas bahan yang digunakan untuk mempercantik tampilan dalam ruangan.

Pengabdian

Di luar rutinitasnya sebagai arsitek profesional sekaligus kontraktor, Nyoman Suciarta juga aktif dalam kegiatan kemasyarakatan. Sejak tahun 2015 ia aktif berperan sebagai Kelian Dinas Banjar Abasan, Desa Singapadu Tengah, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Melalui kepercayaan ini, Nyoman Suciarta memiliki tanggung jawab untuk membantu masyarakat di banjar tersebut, terutama dalam hal pengurusan administrasi kependudukan maupun perizinan.

Walaupun di masa pandemi seperti sekarang ini tidak menyurutkan niatnya untuk terjun langsung membantu warganya. Ia dan elemen masyarakat Banjar Abasan lain, termasuk pecalang banjar, bahu membahu menjaga kesehatan dengan cara terus mengedukasi warga untuk menerapkan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Selain itu untuk menjamin kesejahteraan masyarakat khususnya yang terdampak pandemi Covid-19, pihaknya aktif dalam mendistribusikan bantuan berupa logistik kepada warga.

Menjalankan tanggung jawab sebagai pemimpin, di samping harus menjalankan usaha sekaligus mengisi peran sebagai ayah dari tiga orang anak, memang tidak mudah. Namun keinginan untuk bisa menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang banyak, memotivasi Nyoman Suciarta untuk bekerja dengan ketulusan hati. Semangat dan tanggung jawab itu tidaklah muncul begitu saja ketika dewasa, namun hasil penempaan sejak usia belia.

Nyoman Suciarta terlahir dari keluarga yang terbilang sederhana. Ibunya berprofesi sebagai petani sedangkan ayahnya memanfaatkan skill menjahit untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Selepas lulus dari SMP 2 Sukawati, Nyoman Suciarta ikut Sang Ayah merantau ke Denpasar. Ayahnya membuka usaha jahit di kota tersebut sementara Suciarta melanjutkan ke SMA Perintis. Sejak duduk di bangku SMA ia mulai tertarik dengan dunia arsitektur. Sebelum tamat, ia sudah membidik jurusan arsitektur di Kampus Udayana sebagai tempat melanjutkan pendidikan.

Berkat doa dan dukungan keluarganya, pria kelahiran 28 april 1974 tersebut akhirnya berhasil lolos tes penerimaan Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Udayana. Kemudian ia meraih gelar sarjana di tahun 1999, barulah ia terjun ke dunia karier dengan bekerja di perusahaan milik orang lain.

Setelah mengantongi pengalaman menangani berbagai proyek perseorangan maupun perusahaan, ia pun memberanikan diri mengibarkan bendera usaha sendiri, Wartha Sidhi Utama. Menurutnya, ia mampu sampai ke titik sekarang berkat dukungan keluarga tercinta, terutama sosok ibu dan istri tercinta yang merupakan dua perempuan yang selalu mendoakan keberhasilannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!