Ini Tips Agar Olahan Daging Salmon Tetap Segar

Ikan salmon yang kaya akan gizi dan memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh membuatnya banyak digemari khususnya di negeri sakura, Jepang. Ikan salmon mengandung protein berkualitas tinggi, vitamin dan kandungan mineral yang baik untuk tubuh. Beberapa mineral penting ini adalah kalium, selenium dan vitamin B12.

Ikan salmon merupakan salah satu ikan yang memiliki kandungan gizi yang yang sangat banyak. Manfaat ikan salmon juga kaya akan kandungan protein dan anti-oksidan co-anzyme Q10 untuk mencegah penyakit jantung, depresi, dan mengoptimalkan kerja otak dan penglihatan pada bayi dan anak-anak. Omega pada salmon ini juga mampu meningkatkan level serotonin, unsur kimia pada otak yang membuat kita merasa senang dan gembira.

Kandungan anti-oksidan pada ikan salmon akan membuat vitamin C dan E bekerja lebih lama sehingga mampu meningkatkan kesehatan mata dan kulit. Sumber protein memang terdapat pada ikan salmon yang dibutuhkan untuk membuat seluruh sel, kulit, rambut, mata, otot dan organ-organ lainnya. Kandungan lemak sehat, yaitu omega 3 mampu meningkatkan HDL untuk menurunkan efek negatif dari kolesterol LDL.

Ikan salmon juga mudah untuk dimasak dan bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan. Salmon bisa diolah dengan cara dibakar, digoreng, maupun dinikmati secara mentah seperti sushi.  Sayangnya harga ikan jenis ini tak ramah di kantong. Untuk itu perlu pengolahan yang tepat dalam mengola agar salmon tetap fresh dan tidak bau amis sebelum dimasak.

Cara Pengolahan Agar Tetap Segar

Sebelum mengolah ikan salmon, perlu diperhatikan salmon untuk tetap fresh. Ikan salmon terlebih dahulu dibersihkan, lalu dicuci. Setelah ikan dicuci, ikan tidak boleh terkena air, untuk membuat ikan tidak terkontaminasi dengan bakteri.

Ketika ikan sudah dicuci lalu dikeringkan itu tidak boleh kena air lagi. Air ini sebagai media berkembangnya bakteri. Waktu ikan dibersihkan tidak boleh terlalu lama kena air dan langusung dikeringkan.

Setelah dibersihkan, ikan salmon terlebih dahulu ditaruh di tisu. Setelah itu disimpan di lemari es selama satu hari. Penggunaan tisu akan meresap bau amis dari salmon. Tisu ini akan meresap bau amis dari ikan salmon, jadi ikan bisa tetap fresh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!