Ingin Menikmati Alam di Masa Pandemi, Lakukan Beberapa Hal Ini Untuk Menjagamu Agar Tetap Aman Dari Sebaran Virus

Belakangan ini Indonesia telah memasuki musim kemarau. Cuaca seperti ini sangat pas untuk kamu yang ingin menikmati alam dengan mendatangi pantai, gunung maupun air terjun. Pembatasan wilayah yang juga sudah mulai dilonggarkan memungkinkan kamu untuk menempuh perjalanan ke luar kota untuk mencari udara segar. Namun, lantaran kita masih dalam masa pandemi virus corona, kamu bisa bersenang-senang dan bertanggung jawab di saat bersamaan.

Berikut adalah lima hal yang perlu kamu lakukan sebelum pergi menikmati alam di luar rumah :

  1. Mendirikan kemah di daerah yang tidak terlalu ramai

Jika kamu dan keluarga akan pergi piknik, cari tempat yang tidak terlalu ramai. Cobalah untuk menerapkan jarak dua meter di sekitar area piknik dengan area piknik orang lain. Dengan begitu, kamu bisa berbaring tanpa khawatir ada orang yang terbatuk di dekat area piknikmu.

  1. Lepaskan masker hanya saat sedang makan

Saat ini, memakai masker menjadi anjuran pemerintah untuk mengurangi risiko tertular covid-19. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli medis Hong Kong, memakai masker sebenarnya mengurangi penularan virus corona hingga 75 persen. Jika kamu tidak ingin mengambil risiko belang pada wajah dan membentuk masker, bawalah payung untuk mengontrol jumlah sinar matahari yang mengenai wajah.

  1. Bawalah peralatan makanmu sendiri

Bawalah peralatan makanmu sendiri, seperti sendok, garpu, sumpit dan piring jika memungkinkan. Bahkan, kamu bisa membawa makananmu sendiri saat piknik agar tak was-was saat memakannya. Bergantian alat makan adalah hal yang tidak diperbolehkan, terutama karena air liur adalah salah satu cara utama Covid-19 ditularkan.

  1. Pecah porsi menjadi dua Hal ini perlu dilakukan bila kamu pergi secara kelompok.

Kamu bisa mengambil makananmu untuk dua porsi sekaligus, lalu pisahkan. Satu untuk yang akan kamu makan, porsi satunya untuk makan siang atau malammu nanti. Dengan demikian kamu akan menurunkan kemungkinan penyebaran virus dalam kelompok.

  1. Hindari menghabiskan terlalu banyak waktu di air

Klorin adalah salah satu bahan kimia yang secara efektif mencegah Covid-19 menyebar di kolam. Namun, jika kamu pergi ke laut, kamu mungkin harus berpikir dua kali sebelum berenang di air laut dalam waktu yang lama. Cairan tubuh adalah penyebab utama di balik penyebaran virus corona, dan kamu tidak pernah tahu siapa yang membuang cairan dari tubuh mereka, entah itu urin, liur atau ingus di laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!