Ide Cerdas Membuat Produk RHYDE CHEMICAL Yang Ramah Lingkungan – I Gusti Ismawan

Profil BapakĀ I Gusti Ismawan – Owner Mitraco Utama

I Gusti Ismawan memulai karir Mitraco Utama sejak 1 Mei 1999 di Jalan Gunung Merapi No. 9 Denpasar. Setelah 3,5 tahun, kemudian mengembangkan tempat lagi di Jalan Nangka Utara, Gang Belibis No. 46. Di tahunnya yang ke 9, Mitraco Utama resmi menempati Jalan Nangka Utara Gang Belibis No. 38 sebagai gudang stock barang dan kantor Mitraco Utama.

Hidup sederhana, tak jarang Ismawan membantu pekerjaan orangtuanya yang seorang petani, di sela-sela sekolahnya. Lulus sekolah, ia kemudian dengan orangtua bekerja di Jakarta yang bergerak pada bidang produksi sosis, bakso, hamburger selama 3,5 tahun. Pada tahun 1992, ia kembali dan menetap di Bali, dan bekerja pada perusahaan mesin laundry di Denpasar sebagai sales sekaligus marketing, yang ia jalani selama 3,5 tahun.

Keluar dari pekerjaannya sebagai karyawan, Ismawan terdorong untuk melakukan usaha sendiri. Mendapat dukungan dari rekanrekannya yang bekerja di hotel, ia kemudian membuka usaha produksi produk-produk yang bersifat sekali pakai diantaranya produk, Pool, Housekeeping, Engineering, Laundry Kitchen, Spa dan accessoriesnya, Mesin Laundry, Spare Part, dan lain-lain untuk didistribusikan ke hotel-hotel, vila, restoran, dan laundry komersil, bengkel mobil, Spa.

Pria kelahiran Tabanan ini pun mulai memasarkan produknya, membagi tugas dengan hanya 1 orang stafnya. Ismawan bertugas sebagai operator dan membuat nota, sedangkan stafnya bertugas mengirim produk yang dipesan. Ia optimis seiring berjalannya waktu, usahanya dapat berjalan dan berkembang.

 

Keberanian Ismawan muncul karena ia merasa malu bila usaha ini tidak berjalan, sedangkan rekan-rekannya begitu mendukung sepenuhnya dalam berwirausaha. Pada bulan pertama, Mitraco Utama memperoleh omset 600 ribu, hal itu membuatnya menangis bukan karena nilai rupiah yang ia dapatkan melainkan ia sudah memiliki usaha sendiri berasal berkat dukungan modal keluarga dan rekan-rekannya.

Tentang Mitraco Utama

Saat ini, Mitraco Utama telah memiliki 25 karyawan, dengan mitra sekitar 800 konsumen di berbagai daerah, yaitu Bandung, Lombok, Sumbawa, dan Bali. Setiap tahun diadakan peremajaan dan perubahan produk, Mitraco Utama membuat standar mutu dengan membuat izin-izin berdasarkan peraturan pemerintah. Jangan pernah meragukan kualitas produk-produk yang ditawarkan Mitraco Utama, karena bukan saja menjual, tapi Mitraco Utama juga dapat memproduksi yang ramah lingkungan dan memberikan garansi kepada client yang membeli produk Mitraco Utama.

Mempertahankan suatu usaha, Ismawan mengungkapkan kejujuran adalah utama. Ismawan yakin bila ia menjalankan bisnisnya dengan benar, jujur dan konsisten, usahanya akan maju. Pertumbuhan sama dengan perubahan. Jika kita ingin menjadi lebih baik, kita harus selalu berubah dan meningkat. Itu berarti kita harus keluar menuju bidang-bidang baru. Jika kita mendedikasikan waktu pada hal-hal baru yang berkaitan dengan bidang kekuatan kita, akan bertumbuh sebagai seorang pemimpin yang membangun Bali yang sejahtera, aman dan berkualitas tanpa melupakan kewajiban menyumbang pendapatan kepada negara, karena tanpa negara ini kita tidak dapat berwirausaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!