Hidup Dengan Auto Imun Psoriasis

Sejak tahun 2009, Gek Anick atau nama lengkap Nanik Rahayu hidup dengan auto imun  psoriasis yang di awali ketombe besar besar di kepala.. sebenarnya ketombe tersebut mulai muncul saat saya di bangku SMA KELAS 2 (kira kira tahun 2000).

Waktu itu saya kira hanya ketombe biasa yang muncul dan hilang begitu saja dan kembali parah setelah mengalami GERD dan anxiety tahun 2005 dan pernah di vonis dermatitis seboroit, tapi setelah mengalami cushing syndrome efek dari pemakaian steroid karena auto immune rheumathoid arthritis sehingga di tahun 2009 psoriasis yang memang keturunan dari keluarga saya muncul berlahan lahan dari atas sampai seluruh tubuh dan sendi sendi bengkak sakit,bahkan jalan pun pincang karena psoriasis arthritis,dan membuat saya minder dan menarik diri dari pergaulan. Waktu itu saya tidak menerima kenyataan, Tuhan tidak adil, dikucilkan dari lingkungan dikira kusta atau penyakit kulit menular.

Dalam keterpurukan saya mencari tahu banyak hal tentang psoriasis lewat internet, kenapa saya cacad seperti ini dan sering kambuh akhirnya tahun 2012 saya bertemu dengan Ketua departemen Dermatologi dan Venereologi FK UNUD / RSUP Sanglah Denpasar yaitu, Prof dr Made Swastika Adiguna SpKK(K-DT) FINS.DV,FAA.DV. Di tempat praktek beliau saya sering berkonsultasi tentang psoriasis yang saya derita dan ternyata psoriasis tsb sangat berpengaruh dengan stress psikologis yaitu depresi yang saya alami.

Di rumah saya sering membaca artikel psoriasis dan bimbingan dari Prof. Swastika akhirnya saya bisa mempelajari tentang psoriasis yang saya alami.  karena sifat psoriasis itu sistemik tidak hanya bisa dilihat dari kulit saja tapi di dalam tubuh kita sudah error dan sensitif.  Semakin stres dan merasa terpuruk semakin parah psoriasis dan menuju remisi itu sulit karena pengobatannya hasilnya belum memuaskan. jadi kembali ke individu masing- masing, hanya ada dalam diri sendiri terutama mengelola stres tsb salah satu kunci menuju remisi disamping menjaga pola makan dan pola gerak yang seimbang.

Tahun 2013 setelah lama berdiskusi akhirnya kami membuat wadah untuk psoriasis di Bali bernama Bali Psoriasis yang sekarang bernama Komunitas Psoriasis Nasional Bali dengan ( KPNB ) dengan Ketua Nanik Rahayu dan Mentor prof.dr made swastika adhiguna SPKK (K-DT) FINS.DV,FAA.DV.

Apa itu Psoriasis ?

Psoriasis adalah salah satu penyakit auto immune kronis yang datang dan pergi, dimana pada kondisi kulit terjadi percepatan siklus hidup sel-sel lapisan kulit. Ini menyebabkan sel-sel menumpuk dengan cepat di permukaan kulit. Sel-sel kulit ekstra membentuk sisik dan bercak merah tebal gatal dan kadang panas, pengobatannya belum memuaskan, perawatan psoriasis biasanya bertujuan untuk menghentikan sel-sel kulit agar tidak tumbuh begitu cepat. Pasien juga diarahkan untuk menjaga gaya hidupnya seperti sering pakai pelembap, berhenti merokok, dan mengelola stres .

Bagaimana Gejala2 psoriasis ?

Tanda dan gejala psoriasis berbeda untuk semua orang. Tanda dan gejala umum meliputi: Lesi bercak kulit yg pertamakali timbul biasanya pada tempat yg terkena trauma/gesekan antara lain : siku lutut, punggung , kepala dan genetalia  berupa:

  1. Bercak merah pada kulit ditutupi dengan sisik tebal berwarna perak. Dengan ukuran kecil-kecil hingga besar dengan bermacam-macam bentuk
  2. Kulit kering dan pecah-pecah
  3. Gatal, terbakar atau pegal dan keluhan kosmetik
  4. Kuku menebal, berlubang atau bergerigi
  5. Sendi yang bengkak dan kaku

Apakah penyebabnya ?

Penyebab psoriasis tidak sepenuhnya diketahui, tetapi diduga terkait dengan masalah sistem kekebalan tubuh(auto imun) dengan sel T dan sel darah putih lainnya, yang disebut neutrofil, di dalam tubuh. Sel T biasanya bergerak melalui tubuh untuk bertahan melawan zat asing, seperti virus atau bakteri. Tetapi pada penderita psoriasis, sel-sel T salah bidik , menyerang sel-sel kulit sehat secara tidak sengaja, seolah menyembuhkan luka atau melawan infeksi , padahal terjadi reaksi autoimun .

Jadi buat anda yang hidup dengan psoriasis ayo ikut gabung bersama komunitas psoriasis nasional bali di kontak Whats app : 081916325571

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!