Geliat Usaha Putra Bali Membangun Infrastruktur Telekomunikasi

Perkembangan teknologi komunikasi telah membawa banyak manfaat terhadap kehidupan manusia di masa kini. Apalagi sejak era internet tiba, masyarakat semakin dimudahkan untuk mencari informasi maupun berkomunikasi tanpa adanya batasan waktu dan lokasi. Di balik kemajuan teknologi tersebut terdapat peran penting tower telekomunikasi untuk menyebarkan sinyal nirkabel ke segala penjuru, sehingga semua perangkat komunikasi bisa berselancar internet dengan kencang. Demi menyediakan akses komunikasi dan internet berkualitas, PT Kesa Utama Sejahtera hadir sebagai perusahaan jasa infrastruktur telekomunikasi di Bali yang menawarkan one stop solution service kepada para klien mereka.

PT Kesa Utama Sejahtera merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa infrastruktur telekomunikasi khususnya pada konstruksi dan pemeliharaan tower telekomunikasi secara menyeluruh. Perusahaan ini hadir untuk memudahkan operator dan tower provider dalam menyediakan layanan jaringan internet kepada para pelanggan perusahaan provider. Sebagai salah satu perusahaan jasa infrastruktur telekomunikasi terkemuka di Bali, PT Kesa Utama Sejahtera juga melayani kebutuhan tower telekomunikasi di daerah lainnya seperti Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Secara umum, PT Kesa Utama Sejahtera menyediakan dua layanan utama di bidang infrastruktur telekomunikasi. Pertama layanan konstruksi Base Transceiver Station (BTS) dan Fiber Optic. Kedua yaitu layanan maintenance atau pemeliharaan tower BTS, Fiber Optic dan CME (Civil, Mechanical & Electrical). Layanan jasa pemeliharaan ini sangat dibutuhkan oleh operator dan tower provider agar dapat berfokus pada bisnis utama mereka. Selain itu manfaat layanan jasa maintenance tower telekomunikasi ini dapat mengefisiensi anggaran, sumber daya manusia dan peralatan.

Hingga saat ini PT Kesa Utama Sejahtera telah membangun dan melaksanakan pemeliharaan tower BTS hingga 1200 unit yang ada di Jatim, Bali dan Nusra. Melalui dukungan oleh tenaga kerja yang profesional, PT Kesa Utama Sejahtera telah dipercaya oleh berbagai perusahaan telekomunikasi. Berpengalaman melayani klien sejak tahun 2015 dengan berbagai variasi proyek konstruksi dan pemeliharaan menara BTS yang dikerjakan, membuat tim PT Kesa Utama Sejahtera dapat diandalkan.

Di balik perkembangan PT Kesa Utama Sejahtera, terdapat tangan dingin seorang putra Bali bernama I Nyoman Agus Ariana. Direktur Utama PT Kesa Utama Sejahtera ini telah mengantongi pengalaman karier sejak tahun 2006 di industri jasa telekomunikasi. Selama 14 tahun pengalaman tersebut ia juga telah menyaksikan dinamika dunia komunikasi yang pesat, dari perangkat telepon yang sederhana hingga secanggih sekarang.

“Kunci dari keberhasilan usaha di bidang jasa infrastruktur telekomunikasi adalah komitmen untuk memberikan layanan terbaik. Juga harus siap terus memperbarui keahlian dan kemampuan konstruksi dan pemeliharaan infrastruktur telekomuniasi”, ujar pria asal Jembrana ini.

Darah pengusaha telah mengalir dalam diri Nyoman Agus lantaran sang ayah juga merupakan sosok wirausahawan, begitu pula kakak-kakaknya yang ikut jejak ayah tercinta. Ayah Nyoman Agus merupakan pengusaha bengkel las yang menyediakan aneka jasa pengelasan mulai dari pembuatan kanopi maupun karoseri. Sementara ibunya berkarier sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di bidang pendidikan. Sehingga latar belakang ekonomi keluarganya dapat dikatakan sederhana, tidak kekurangan maupun merasa berlebih.

Nyoman Agus telah memiliki minat di bidang elektrikal sejak kecil karena sering menyaksikan ayahnya bekerja menggunakan benda-benda bertenaga listrik. Adanya keinginan serius menekuni bidang tersebut membuat bungsu dari tujuh bersaudara ini memilih melanjutkan kuliah ke jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Bali. Semasa di perkuliahan, ia dikenal sebagai sosok mahasiswa yang aktif dalam kegiatan organisasi. Bahkan ia sempat dipercaya menduduki jabatan sebagai Ketua Senat lantaran memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik.

Setelah lulus kuliah, ia diterima di berbagai perusahaan, namun yang dipilih Nyoman Agus sebagai tempat berkarier yaitu perusahaan tambang di Bontang. Pria yang aktif di kegiatan pecinta alam ini cukup lama bekerja di perusahaan tersebut yakni dari tahun 2000 hingga 2005.

Setelah itu ia mencari pengalaman di perusahaan telekomunikasi Nokia Siemens Networks pada tahun 2006. Sejak itulah Nyoman Agus mulai mengenal seluk beluk teknis di bidang telekomunikasi. Mulai dari posisi sebagai staff CME dan Energy Solution sempat dicicipinya di perusahaan yang telah menaunginya selama 5 tahun tersebut. Kemudian dari tahun 2011 hingga 2014 ia juga pernah bekerja di PT Huawei Tech Investment dan berlanjut di tahun 2015 berkarier sebagai Pre-Implementation Leader di Nokia Solution & Networks.

Berangkat dari pengalaman yang panjang di perusahaan telekomunikasi semakin mengukuhkan keinginan Nyoman Agus untuk mendirikan usaha secara mandiri. Tawaran proyek dari salah satu perusahaan provider telekomunikasi menjembatani karier usahanya di saat ia masih bekerja sebagai karyawan. Setelah proyek tersebut terbukti sukses barulah ia mantap mengundurkan diri di perusahaan tempatnya bekerja dan fokus sebagai pengusaha.

Nyoman Agus berbagi cerita tentang alasannya memilih nama PT Kesa Utama Sejahtera. Awalnya ia ingin menamai badan usahanya sesuai dengan nama panggilan sang ayah yaitu Kus. Lalu dicarikan akronim nama KUS tersebut, di mana kepanjangan huruf K adalah Kesa yang merupakan nama buah hati Nyoman Agus sendiri. Ia berharap melalui nama itu dapat meningkatkan kesejahteraan hidup, tidak hanya untuk keluarganya namun untuk banyak orang.

Terbukti melalui usaha dan kerja kerasnya itu ia telah membangun suatu usaha yang mampu menyerap banyak tenaga kerja. Tak tanggung-tanggung ia memperkerjakan ratusan karyawan yang berasal dari seluruh penjuru Bali. Nyoman Agus pun berharap usahanya itu akan terus maju dan berkembang agar lebih banyak lagi SDM yang dapat diserap. Juga visinya ke depan dapat memperluas area pelayanannya, tidak hanya di Bali Nusra, sehingga nantinya ia dapat meningkatkan kontribusi dalam menghadiran jaringan telekomunikasi ke penjuru negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!