Fitur Safety Check di Facebook Kembali Aktif Pasca Gempa di Lombok & Bali

Gempa Lombok 7 SR mengagetkan wisatawan di Bali dan Lombok. Para turis dianjurkan memakai fitur Safety Check di Facebook untuk mengabari keluarga dan teman.

Informasi, fitur Safety Check di jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi kondisi pemilik akun kepada teman-teman lain di Facebook.

Sejak Minggu (5/8) malam sampai Senin (6/8/2018) proses evakuasi masih terus berlangsung. Data terakhir menunjukan 82 korban tewas dan ribuan warga mengungsi.

Proses evakuasi juga sedang dilakukan Tim SAR gabungan terhadap sekitar 1.000 turis di 3 gili di Lombok.

Turis lain di Bali dan Lombok juga diimbau PVBMG mencari tempat yang aman, senantiasa waspada dan memantau arahan dari pihak berwenang. Nah, kalau Anda sedang traveling ke Bali dan Lombok jangan lupa untuk memberi tahu kerabat dan keluarga kalau ada dalam posisi aman.

Kalau notifikasi ini muncul di ponsel wisatawan, atau ada pertanyaan apakah turis itu ada di area terdampak, mereka bisa memberikan konfirmasi jika mereka aman, atau dalam kondisi lainnya.

Bunyi pemberitahuan itu adalah “Pengguna, beritahukan ke teman-teman kamu kalau kamu baik-baik saja.” Selanjutnya, pengguna bisa memilih pilihan “I’m Safe” atau memilih pilihan “Doesn’t apply to me”.

Orang lain juga bisa mengecek Friends in Area untuk mengetahui apakah kerabat dan keluarga mereka baik-baik saja. Halaman Safety Check ini juga mengumpulkan aneka foto dan pemberitaan soal kabar terakhir gempa Lombok 7 SR.

Sekadar diketahui, Facebook mengembangkan fitur Safety Check untuk memudahkan pengguna mengetahui kondisi teman dan keluarga di wilayah terdampak bencana alam.

Kendati begitu, fitur ini diaktifkan di Paris sesaat setelah serangan teror mematikan pada November 2015.

Saat itulah, fitur ini pertama kalinya dipakai dalam kondisi selain bencana alam. Kemudian, fitur ini diaktifkan pada berbagai kejadian teror di dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!