Elephant Fast Cruise – Wahana Transportasi Andalan dari Sanur Menuju Nusa Lembongan

Berencana mengunjungi Nusa Lembongan untuk menghabiskan masa liburan? Tentunya para wisatawan yang hendak menuju pulau kecil di selatan Bali tersebut harus menggunakan transportasi laut agar bisa mencapai tempat tujuan. Salah satu wahana terbaik yang siap membawa Anda dari dan menuju Nusa Lembongan adalah Elephant Fast Cruise. Perjalanan Anda dijamin menyenangkan karena fast boat atau kapal cepat ini berkapasitas luas serta didorong oleh kekuatan mesin bertenaga 1250 horsepower sehingga dapat mengantarkan penumpang dengan cepat.

Elephant Fast Cruise pertama kali launching pada tahun 2018. Sehingga armada yang didominasi warna cat putih dengan aksen garis merah dan biru itu masih terbilang baru. Tentunya dari segi kenyamanan, wahana transportasi laut ini unggul. Bagian interior kapal ini dilengkapi dengan 84 kursi penumpang yang empuk. Serta bagasi atas tempat jaket keselamatan ditempatkan. Dipastikan semua jaket berwarna oranye itu sangat layak digunakan dan sesuai standar keselamatan untuk penumpang.

Selain memastikan kenyamanan dan keselamatan para penumpang, Elephant Fast Cruise juga memiliki Anak Buah Kapal (ABK) yang ramah dan sangat kooperatif melayani para penumpang. Mulai dari membantu proses menaikkan penumpang dan barang bawaan ke kapal hingga membantu pada saat proses turun di lokasi tujuan.

Layanan Pick Up and Drop

Menggunakan Elephant Fast Cruise sebagai sarana transportasi andalan menuju Nusa Lembongan, wisatawan yang berangkat dari Pulau Bali terlebih dahulu pergi ke titik keberangkatan yaitu Pelabuhan Sanur. Di tempat ini pula disediakan loket tempat pembelian tiket dengan harga yang disesuaikan dengan identitas penumpang, baik lokal, domestik, maupun mancanegara. Sebaiknya sampai di tempat ini sebelum pukul 09.00 Wita karena fast boat sudah meninggalkan pelabuhan pada waktu tersebut.

Bagi wisatawan yang tidak memiliki kendaraan menuju akses pelabuhan, atau dari pelabuhan menuju objek tujuan wisata, Elephant Fast Cruise siap membantu pengantaran menuju titik keberangkatan. Perusahaan yang berkantor di Jalan Hang Tuah 18A, Sanur, Kota Denpasar ini, menyediakan layanan pick up and drop yang siap mengantarkan wisatawan dari dan ke pelabuhan.

Selain berfokus pada layanan transportasi antar pulau, Elephant Fast Cruise juga mulai menyediakan layanan operator wisata di Nusa Lembongan. Beragam aktivitas wisata ditawarkan, antara lain : Nusa Lembongan Island Tour, snorkeling, hingga staycation di akomodasi penginapan yang ada di Nusa Lembongan.

Informasi pemesanan tiket serta paket tour wisata Nusa Lembongan bisa didapatkan melalui website elephantfastcruise.com atau melalui email reservation@elephantfastcruise. com.

Peluang

Siapa sangka, sosok di balik perusahaan transportasi laut antar pulau ini merupakan salah seorang putra daerah Bali bernama Ketut Arcana. Pria yang telah mengabdi selama 30 tahun sebagai Pegawai Negeri Sipil ini nyatanya tidak mau terjebak dalam zona nyaman sehingga bertekad mampu berdikari lewat jalan berwirausaha. Diharapkan melalui usaha yang baru dirintisnya selama dua tahun belakangan ini, dapat menjadi investasi menguntungkan di masa purna bakti yang akan datang.

Ketut Arcana mengaku, ide mendirikan perusahaan transportasi ini sudah ada sejak ia beberapa kali berdinas ke luar daerah. Ia bekerja di bidang promosi kesenian dan pariwisata, sehingga ia kerap menggunakan transportasi laut untuk berangkat menuju pulau lain di luar Bali, termasuk pulau-pulau kecil di selatan Bali seperti Nusa Penida, Nusa Ceningan, dan Nusa Lembongan.

“Pada saat itu saya berpikir bahwa angkutan penumpang maupun barang antar pulau melalui jalur laut masih menjadi primadona masyarakat. Sehingga usaha transportasi laut ini akan menjadi peluang yang masih sangat menjanjikan,” ujar Ketut Arcana.

Akhirnya pada tahun 2018, cita-cita untuk bisa mengibarkan bendera usaha milik sendiri dapat terealisasi. Ia menjelaskan, tentunya ada banyak perbedaan ketika menjalankan peran sebagai seorang abdi negara dan saat melakoni peran sebagai pengusaha. Jika seorang PNS harus bisa mengelola anggaran milik negara dengan baik agar bisa dipertanggungjawabkan di mata hukum, maka seorang pengusaha harus bisa mengelola uang perusahaan yang akan dipertanggungjawabkan pula pada diri sendiri.

Namun soal promosi dan pemasaran, usaha Ketut Arcana mengatakan bahwa telah mengantongi pengalaman tersebut sejak menjadi seorang PNS. Pengalaman dan ilmu di bidang pemasaran pariwisata ia aplikasikan kembali pada usahanya kali ini, tentu di bantu juga oleh tim marketing lainnya.

Berbagi

Karakter pekerja keras tidak bisa dilepaskan dari sosok Ketut Arcana. Hal itu merupakan hasil dari proses penempaan hidup sejak masa kanak-kanak. Ia merupakan putra dari keluarga sederhana, Sang Ayah bekerja sebagai pegawai penjaga malam di RSUD Sanglah sementara ibunya mengurus rumah tangga. Meski hidup dalam kondisi ekonomi serba pas-pasan, namun kedua orangtua Arcana selalu mengajarkan untuk saling berbagi kepada sesama.

“Orangtua saya juga mengambil tanggung jawab menafkahi beberapa anak di luar saudara-saudara kandung saya. Padahal dalam hal ekonomi, keluarga saya tidaklah berkecukupan,” kenang Arcana.

Melalui pengalaman itu pula, Ketut Arcana meneladani sikap orangtuanya tersebut. Berbagi kepada orang lain tidak harus melalui materi, tapi bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan kemampuan softskill yang kita miliki. Seperti halnya yang dilakukan Ketut Arcana, melalui usaha yang dikembangkannya itu, ia berharap dapat membuka lapangan kerja. Sehingga dapat menyerap SDM Bali sebanyak-banyaknya agar dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Kepada anak muda di Bali, saya berpesan agar dapat memulai usaha sedari dini, meski dalam skala kecil, namun jika dijalankan secara konsisten nantinya akan berkembang lebih besar,” tutur Arcana. Lanjutnya, di masa depan, usaha tersebut tidak hanya memberikan keuntungan secara pribadi, juga berimbas postif kepada sosial dan ekonomi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!