Dubes RI Terima Penghargaan dari Presiden Bulgaria

London – Dubes RI di Sofia, Bunyan Saptomo, menerima tanda kehormatan dari Presiden Bulgaria Rosen Plevneliev berupa medali “Madara Horseman Kelas Satu” yang diserahkan Presiden Bulgaria pada upacara resmi di Istana Presiden Bulgaria.

Tanda kehormatan ini merupakan penghargaan Pemerintah Bulgaria atas jasa Dubes Bunyan dalam peningkatan hubungan bilateral Indonesia dan Bulgaria selama periode penugasannya sebagai Dubes RI untuk Bulgaria sejak April 2012 lalu, demikian Fungsi Pensosbud KBRI Sofia..Presiden Plevneliev pada kesempatan upacara resmi penyerahan medali di “Dondukov 2” Hall di Istana Presiden mengatakan Dubes Bunyan Saptomo berhasil mempererat hubungan persahabatan kedua negara, saling menghormati dan saling percaya.

Presiden menyebutkan konstribusi Dubes Bunyan dalam memfasilitasi sejumlah pertemuan bilateral tingkat tinggi bidang politik dalam rangka membicarakan peningkatan hubungan perdagangan, ekonomi, kebudayaan dan pendidikan kedua negara. “Terima kasih atas dedikasi, energi dan kekonsistenan Dubes Bunyan selama periode penugasan di Bulgaria,” tambah Presiden.Sementara Dubes menyampaikan hasil yang dicapai dalam hubungan kerjasama Indonesia – Bulgaria ini berkat dukungan dan kerjasama dengan kolega Bulgaria, baik di tingkat Pemerintahan, maupun pelaku bisnis, akademisi dan komunitas kebudayaan.

Dia menyampaikan keyakinannya hubungan bilateral kedua negara akan terus berkembang karena ada pondasi yang kuat dalam hubungan bilateral dimana kedua negara sama-sama menjunjung nilai-nilai demokrasi dan penghormatan terhadap HAM.

Selain meningkatnya jumlah pertukaran pelajar kedua negara sebagai calon pemimpin kedua negara dimasa depan yang diharapkan menjadi motor untuk mempererat hubungan kedua negara. Sejak September 2015 Pemerintah mengangkat Konsul Honorer Indonesia di Varna, yang merupakan aset dalam upaya meningkatkan hubungan ekonomi dan budaya kedua negara khususnya di wilayah Timur Laut Bulgaria. Pemerintah Indonesia memberikan bebas visa kepada negara anggota EU termasuk Bulgaria yang diyakini dapat meningkatkan hubungan bisnis dan budaya kedua negara.

Upacara penyerahan Medali dihadiri antara lain Wakil Menteri Luar Negeri Bulgaria, Valentin Poryazov, Sekretaris Presiden untuk Politik Luar Negeri, Tihomir Stoychev, Direktur Asia, Australia dan Oseania Kemlu Bulgaria, Angel Orbetzov.Selain para Dubes dari negara sahabat yaitu Dubes Jepang, Korea Selatan, Iran, Iraq, Maroko, Yunani, Swiss, dan Spanyol serta seluruh Home Staff KBRI Sofia dan Konsul Honorer Indonesia untuk Bulgaria, Krassimir Simov. ANT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!