DRA. PUTU INDRI ARTINI

DRA. PUTU INDRI ARTINI

IDEALISME MEMPERTAHANKAN SPA TRADISIONAL ALA BALI

Putu Indri, demikian ia akrab disapa, mengaku jika pada awalnya ia sendiri mendalami pengetahuan terapi spa dipicu oleh kebutuhan untuk memperbaiki vitalitas tubuhnya. Rasa lelah di sekujur tubuhnya yang tak terbendung memaksanya untuk rehat sejenak dari segala rutinitas. Ia pun segera merasakan manfaat perawatan spa yang dijalaninya. Bila awalnya Putu Indri kerap mengalami kesulitan untuk tidur, sejak menjalani perawatan di beberapa spa ia mulai merasakan kualitas tidur yang maksimal. Bahkan bagi perempuan kelahiran Singaraja, 2 Februari 1965  ini, melakukan perawatan spa tidak lagi menjadi kebutuhan tersier melainkan sudah menjadi perawatan rutin.

Berangkat dari kepuasan yang ia dapat melalui relaksasi spa, ia berkeinginan untuk memperkenalkan lebih jauh lagi manfaat spa yang sejati kepada masyarakat. “Entah mengapa, spa diinterpretasikan sebagai  suatu hal yang negatif di kalangan masyarakat. Padahal spa itu seratus persen beauty and health (kecantikan dan kesehatan). Spa Bali merupakan warisan budaya leluhur (culture heritage ) yang sangat luar biasa dan harus dipertahankan,” ujar Putu Indri. Selain dapat mengangkat rasa letih pada fisik seseorang, spa pun menjadi solusi untuk mengembalikan kembali ketenangan pikiran.

Sekar Jagat Spa - Loby

Sekar Jagat Spa – Loby

Alhasil putri pasangan Gede Mas Arta dan Made Sukesi ini pun mulai mempelajari sendiri seluk beluk mengenai terapi spa. Ia juga memberanikan diri membuat usaha spa yang ia beri nama Sekar Jagat Spa. Sekar berarti bunga sedangkan jagat berarti sebuah dunia. Nama tersebut dipilihnya berdasarkan filosofi bunga yang merupakan lambang dari keindahan. Sekar Jagat Spa with it’s unique natural setup, private outdoor and aircon treatment rooms and it’s all Balinese professional team offers best over all value and a pleasant ambience.

Konsep yang disusun oleh Sekar Jagat Spa adalah back to nature atau kembali ke alam. Ia sengaja mendesain galeri spa yang dimilikinya senatural mungkin dengan konsep bangunan Bali. Putu Indri pun menggunakan produk-produk bermutu berbahan organik tanpa unsur kimiawi. Putu Indri juga menerapkan konsep back to nature kepada fisik bangunan spana. Di bagian kamar mandi yang digunakan untuk membilas tubuh, Indri sengaja meletakkannya di luar ruangan dengan air yang mengalir melalui pancoran berbentuk bamboo dan patung-patung Dewi Sri serta Dewi Gangga.

“Spa ini didesign semi terbuka namun tetap terlihat private, namun memenuhi berbagai permintaan. Sekar Jagat Spa juga memiliki ruangan tertutup dengan full AC namun masih dengan konsep tradisional Bali,” papar Putu Indri. Putu Indri menjelaskan ada beberapa hal utama yang menjadi selling point pada bisnisnya yaitu produk, servis, dan hospitality kemudian kwalitas treatment dan kopetensi karyawan di dalam melakukan tratment.

Selain produk yang berkualitas serta servis dengan teknik yang tepat, keramahtamahan menjadi kunci utama kesuksesan bisnisnya. Ia melihat secara nyata bahwa pelanggan yang datang ke tempat ini sangat merasa nyaman. Karena keramahan dan keindahan konsep angunan kebun yang sangat natural serta kualitas perawatan yang ditunjukkan para staf yang bekerja di Sekar Jagat Spa.

“Keramahan itu bisa ditunjukkan melalui bahasa tubuh. Dengan tersenyum membuat orang yang berinteraksi dengan kita lebih merasa nyaman. kebetulan itulah kelebihan Orang Bali yang terkenal murah senyum jadi tidak sukar bagi kita untuk melaksanakannya. Di Spa ini tenaganya sangat profesional karena mereka secara reguler mengikuti pelatihan-pelatihan yang dilakukan oleh tim treaner Sekar Jagat Spa.

Sekar Jagat Spa

Sekar Jagat Spa

Semua produk yang digunakan adalah herbal Indonesia dan Bali. Kekentalan akan konsep dan nuansa Balinya membuat Spa ini tampil beda dengan spa-spa lain. Bali atau Indonesia yang memiliki puluhan ribu jenus tanaman memiliki banyak property-property yang sangat berhasiat dengan system tubuhbaik untuk relaksasi, rijuvinetion dan repitalisasi, yang tidak dimiliki oleh negara-negara lain.Dengan kwalitas  treatment dan produk yang tinggi banyak sekali tamu-tamu dari luar baik Asia maupun Eropa yang mengikuti pelatihan “Balinese SPA short course”. Tutur beliau .

Dari bisnis spa inilah Putu Indri berusaha menunjukkan idealismenya dalam mempertahankan budaya Bali. Memang melestarikan budaya bisa melalui bidang apa saja. Salah satunya seperti yang dilakukan Putu Indri yang mencoba melestarikan warisan nenek moyang Bali berupa pengetahuan spa traditional.

Be first to comment