Disiplin Sejak Dini Antarkan Kesuksesan pada Bisnis Jasa Konstruksi

Sebuah ungkapan “Practice Makes Perfect” atau dalam bahasa Indonesia berarti “Ala Bisa Karena Biasa” sangat relevan dengan kisah pengalaman seorang pengusaha kontraktor bernama Gusti Ngurah Bagus Arya Wijaya. Sejak kecil mendapatkan pola asuh yang sarat dengan nilai-nilai budi pekerti, salah satunya nilai kedisiplinan. Sehingga ketika dewasa, karakter disiplin yang melekat justru mengantarkannya pada gerbang kesuksesan sebagai pengusaha jasa konstruksi terpercaya.

Sejak kecil, Ngurah Arya Wijaya selalu diajarkan tentang konsekuensi dari sebuah tindakan. Baik buruknya perbuatan akan menentukan hasil yang akan diterima nantinya. Sehingga ia pun bertumbuh menjadi pribadi yang berhati-hati dalam mengambil keputusan, apalagi jika berkaitan dengan hasil yang mempengaruhi banyak pihak.

Pendidikan karakter yang sarat dengan nilai kedisiplinan juga melekat dalam keseharian Ngurah Arya. Hal itu tidak terlepas dari peran orangtua, terutama sang ayah yang merupakan seorang guru matematika di salah satu SMP Negeri di Abiansemal, Badung. Sebagai sosok pendidik tentunya ayah Ngurah Arya memiliki kesempatan lebih besar untuk mentransfer ilmu berhitung kepada sang putra sulung. Itu sebabnya pria kelahiran Badung, 1 April 1977 ini berhasil menyabet predikat siswa terpandai di bidang matematika saat duduk di bangku sekolah.

Potensi diri di bidang ilmu hitung tersebut terus terasah dan menjadi bekal yang sangat berguna kelak di masa depan. Terbukti ketika ia lulus SMA, dengan mudah lolos tahap penjaringan calon mahasiswa di Fakultas Teknik Universitas Udayana. Saat itu ia tertarik dengan Jurusan Teknik Sipil yang erat kaitannya dengan dunia struktur konstruksi serta sangat mengandalkan ilmu matematika.

“Ketertarikan saya pada dunia konstruksi dimulai sejak SMA. Kala itu saya sering mengikuti paman saya ke tempatnya bekerja di lokasi konstruksi, paman saya merupakan seorang kontraktor. Dari situlah saya terinspirasi mengikuti jejak langkah paman saya”, kenangnya.

Karier

Ngurah Arya berhasil melalui masa pendidikan tinggi dengan mulus dan meraih gelar sarjana. Setamat kuliah ia langsung diterima bekerja di perusahaan konstruksi. Di sanalah ia mendapatkan banyak pengalaman dan menambah wawasan ilmu yang melengkapi teori dari perkuliahan. Ia juga melihat bagaimana cara mengelola suatu pesanan proyek, mulai dari cara berkomunikasi dengan klien, menyusun anggaran, hingga tahap pelaksanaan proyek di lapangan.

Selama 17 tahun bekerja di perusahaan milik orang lain, Ngurah Arya juga terus menambah relasi di berbagai industri. Jaringan relasi ini sangat penting dimiliki bagi seorang yang bergerak di industri konstruksi yang dinamis.

Misalnya saja ketika ia merasakan sudah cukup mencicipi pengalaman sebagai seorang karyawan. Ngurah Arya memiliki keinginan untuk bisa berusaha secara mandiri. Pada saat itulah jaringan relasi yang ia miliki sangat berperan dalam pengembangan usahanya.

Awalnya Ngurah Arya menerima pekerjaan jasa konstruksi tanpa embel-embel bendera usaha. Namun akhirnya diputuskan untuk membuat nama usaha secara resmi yaitu Graha Wijaya Konstruksi. Ngurah Arya memutuskan untuk berkantor di alamat di Jl. Sandat No 15, Br. Lambing, Sibang Kaja, Abiansemal, Badung. Ia menawarkan jasa konstruksi mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga proyek renovasi. Kliennya datang dari berbagai kalangan yang ingin membangun properti di Bali.

Berbagai proyek pembangunan konstruksi telah berhasil dikerjakan mulai dari rumah, apartemen, hotel, vila maupun resort. Ia juga menerima jasa lanskap mulai dari tahap desain hingga proses pengerjaan di lapangan.

Ngurah Arya dikenal sebagai pribadi yang bekerja dengan berorientasi pada detail dan mengupayakan kualitas terbaik. Saat pengerjaan suatu proyek ia selalu teliti dalam menghitung biaya dan memperkirakan potensi masalah berdasarkan desain dan lokasi.

“Dari gambar dan desain, saya bisa menangkap masalah sebelum muncul dan memberikan solusi untuk klien yang sesuai dengan visi mereka. Perkiraan saya juga sangat akurat sehingga biaya yang dihitung biasanya membuat klien sangat senang karena jarang terjadi pembengkakan biaya”, ujarnya mengungkap keunggulan Graha Wijaya Konstruksi sebagai partner jasa konstruksi terpercaya.

Prinsip kehati-hatian dibarengi sikap disiplin memenuhi tenggat waktu yang ditetapkan klien mengantarkan Ngurah Arya pada kesuksesan di bisnis jasa konstruksi. Hal itu tak lepas dari kebiasaan sejak dini yang merupakan penempaan dan didikan dari orangtuanya. Sikap disiplin itu pun ia tularkan pada para pekerjanya agar bersama-sama mewujudkan visi pembangunan yang telah ditetapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!