Begini Nih Cara Ampuh Hilangkan Bopeng di Wajah

Bagi orang yang mengalami kondisi berjerawat sangat parah, pasti akan memiliki ketakutan munculnya bekas jerawat seperti bopeng. Pasalnya, bopeng bekas jerawat disebut bisa merusak penampilan. Bopeng bekas jerawat kerap muncul karena beberapa kebiasaan buruk yang telah kamu lakukan saat jerawat sedang meradang.

Apa itu Bopeng ?

Bopeng adalah kondisi dimana wajah menjadi lubang-lubang atau lekuk-lekuk. Munculnya bopeng diakibatkan oleh kebiasaan memencet jerawat atau menggaruk dengan tangan sehingga jerawat pecah. Hal inilah yang menyebabkan kelenjar minyak yang ada di kulit lapisan dalam pecah dan menimbulkan luka yang biasa disebut dengan jaringan parut.

Jaringan parut ini menarik kulit lapisan atas sehingga menimbulkan bekas cekung seperti berlubang. Inilah yang menyebabkan wajah menjadi bopeng. Bopeng sangat mengganggu bagi orang yang mengalaminya dan membuatnya menjadi tidak percaya diri. Namun kondisi ini sangat sulit untuk dihilangkan, perlu cara khusus dan pertolongan khusus untuk bisa menghilangkannya.

Hal Lain Yang memicu ?

Hal lain yang dapat meningkatkan risiko terjadinya bopeng pada wajah adalah beberapa tindakan tanpa pengawasan dokter, seperti memecahkan jerawat dengan tangan yang kotor, atau melakukan perawatan seperti suntik jerawat yang bukan dilakukan oleh profesional.

Berikut beberapa bahan alami yang dapat menghilangkan Bopeng beserta dengan cara pemakaiannya :

  1. Jeruk Nipis dan Madu

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang pertama adalah dengan menggunakan jeruk nipis dan madu. Kedua bahan alami ini dipercaya untuk menghilangkan bopeng dan bekas jerawat lainnya.

Cara membuat ramuan ini adalah cukup gunakan satu sendok makan madu, kemudian ambil satu sendok perasan air jeruk nipis. Campurkan kedua bahan tersebut dan oleskan ke seluruh wajah yang terdapat bopeng. Diamkan sekitar 20-30 menit dan bilas dengan air bersih.

  1. Tomat dan Mentimun

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan bahan alami selanjutnya adalah dengan menggunakan tomat dan mentimun. Kedua bahan ini dipercaya sangat baik untuk mengatasi masalah pada kulit. Mengonsumsinya secara teratur pun dipercaya dapat menjadikan kulit menjadi lebih halus. Begitu juga untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat.

Nah, untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan kamu bisa menggunakan tomat dan mentimun. Caranya, haluskan kedua bahan ini secara bersamaan kemudian oleskan racikan tersebut secara merata pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas masker ini dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, lakukan cara ini secara rutin tiga kali seminggu.

  1. Lidah Buaya

Tidak ada yang menyangkal soal khasiat dari lidah buaya ini. Dikenal untuk mengatasi masalah rambut, ternyata lidah buaya juga bisa membantu kamu untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat di wajah.

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengupas kulit lidah buaya dan oleskan cairannya ke bagian bopeng. Diamkan selama kurang lebih 30-50 menit hingga mengering. Setelah itu bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, bisa membilasnya dengan air hangat dan lakukan cara ini secara rutin.

Cara menghindari Bopeng

  1. Jangan Menyentuh Jerawat

Ketika wajah sedang berjerawat, jangan biarkan jari-jari atau tangan kamu untuk menyentuh jerawat. Tangan kamu yang belum pasti bersih akan membuat kondisi jerawat kamu semakin parah. Pastikan untuk selalu membersihkan tangan dan jangan secara sengaja untuk menyentuh jerawat yang sedang meradang.

  1. Menjaga Kebersihan Jerawat

Kamu harus ekstra memperhatikan kondisi jerawat kamu, terlebih ketika jerawat sedang pecah. Kamu bisa melakukannya dengan meneteskan toner pada kapas, lalu menempelkannya pada bagian wajah yang berjerawat yang pecah tersebut. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya penyebaran bakteri.

  1. Jangan Menggosok Terlalu Kuat Saat Memberishkan Wajah

Ketika wajah sedang mengalami jerawat, pastikan untuk selalu berhati-hati dalam memperlakukannya. Jerawat sangat sensitif. Jadi, bila kamu ingin membersihkan wajah, pastikan jangan terlalu keras atau kuat untuk menggosoknya. Hal ini bisa mengakibatkan jerawat pecah dan terjadi peradangan, infeksi, atau justru timbulnya jerawat baru.

  1. Hindari Produk Kosmetik

Ketika mengalami jerawat pada wajah, ada beberapa produk kosmetik yang tidak boleh kamu gunakan. Beberapa produk kosmetik yang tidak boleh digunakan selama wajah berjerawat adalah alas bedak atau concealer pada area kulit yang memiliki luka atau jerawat yang baru pecah.

Jika hal ini dilakukan, akan berisiko bakteri masuk ke kulit, berkembang biak, dan terjebak oleh kosmetik yang dipakai sehingga menimbulkan sumbatan dan peradangan.

  1. Pergi ke Klinik Kecantikan

Jika kondisi jerawat kamu sudah sangat parah dan kamu merasa butuh bantuan untuk menghilangkan jerawat, pastikan untuk pergi ke klinik kecantikan atau berkonsultasi dengan dokter kulit yang kompeten dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!