Beberapa Tips Agar Tetap Semangat Dalam Bekerja

Pernahkah kamu terbangun di pagi hari dengan sangat amat tidak semangat, bahkan membayangkan ingin segera pergi tidur lagi di malam harinya? Atau mungkin kamu merasa kebanyakan waktu di hidupmu dihabiskan untuk bekerja.

Ashley Stahl, yang melatih para pencari kerja sekaligus menjalankan CAKE Publishing menjelaskan dalam laman Forbes, hanya 13 persen pekerja di seluruh dunia yang mengatakan mereka menikmati karir yang dijalaninya. Sedangkan 87 persennya mungkin merasakan sebaliknya.

Apakah kamu termasuk yang ini?

Jangan sampai ketidaksukaanmu dengan karir saat ini membuatmu hanya membuang-buang waktu berharga. Setidaknya, cobalah untuk menikmatinya.

Bagaimana caranya? Berikut lima tips agar kamu tetap bersemangat menjalani karirmu meski sebetulnya kurang kamu sukai.

1. Pastikan kamu tahu “mengapa”

Ini adalah hal paling mendasar dimana kamu harus memulai. Apa yang selama ini kamu lakukan di tempat kerja? Pastikan kamu berada pada bidang kerja yang membuatmu tertarik. Kemudian, telaah kembali mengapa kamu melakukan pekerjaan tersebut.

2. Atur tujuan

Setelah kamu mengetahui apa yang kamu lakukan di pekerjaan saat ini dan mengapa berada di sana, aturlah tujuan jangka pendek dan panjang untuk menjaga kamu tetap dalam jalur yang seharusnya. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi digital yang ada. Misalnya, jika kamu mengincar promosi dalam 12 bulan ke depan. Maka aturlah langkah apa yang harus kamu lakukan agar target tersebut bisa tercapai.

3. Pelajari skill baru

Jaga agar kemampuanmu tetap di atas rata-rata dengan mempelajari hal-hal baru. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas pelatihan di kantor, atau keluar mencari seminar dan konferensi. Pilihlah suatu bidang yang ada di luar zona nyamanmu, namun masih ada di bidang kerjamu. Bosmu akan mengapresiasi nilai lebihmu jika kamu menunjukkannya saat kerja tim.

4. Minta feedback

Mintalah feedback dari atasanmu. Jika kamu tidak mendapatkan feedback yang diinginkan, cobalah memintanya lagi. Atasan yang baik juga ingin melihatmu menunjukkan ketertarikan untuk melanjutkan karir masa depan. Feedback akan memotivasimu untuk memiliki performa kerja yang lebih baik karena kamu merasa lebih dihargai. Ini juga akan membuatmu terus belajar. Berada pada titik stagnan tidak akan membuatmu tertarik dalam menjalani karir, kecuali menunggu hari gajian tiba.

5. Berpikir positif

Mulailah harimu dengan mantra positif. Lalu, lihatlah bagaimana kamu memandang dirimu dan orang lain selama sehari penuh. Hindari pikiran negatif dan komentar soal pekerjaanmu. Terutama, hindari gosip kantor. Berhentilah menganggap segala hal terlalu personal. Sebagai gantinya, saat kamu mempraktekkan pemikiran positif dalam keseharian, tingkat stresmu juga akan turut menurun. Namun, jika kamu membenci pekerjaanmu saat ini, cobalah tetap berpikir positif dan mencari perubahan. Kita semua merasakan jatuh bangun dalam berkarir. Namun, perkembangan pribadi menjadi kunci untuk tetap berada pada jalur karir kita. Jika hati kecilmu masih tertarik dengan pekerjaan saat ini, tetaplah berpikiran positif dan jangan berhenti belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!