Beberapa Pantai di Indonesia yang terkenal di Instagram

Situs perjalanan Globehunters mencatat 50 pantai di Asia Pasifik yang paling banyak diunggah di Instagram. Satu pantai dari Indonesia bahkan masuk dalam 15 besar

 

1. Dreamland, Bali

Pantai ini berada di Pecatu, Badung. Dari 50 pantai, Dreamland menduduki posisi urutan ke 13 dengan lebih dari 55 ribu unggahan di Instagram. Bila ditempuh dari Bandara Ngurah Rai, jaraknya sekitar 19 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Tidak hanya pesona pasir putih dan air laut bewarna toska, pantai ini pun menjadi favorit turis untuk kegiatan selancar.

Pantai Dreamland terletak di sebelah selatan Bali di daerah bernama Pecatu. Pantai Dreamland dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi, dan dikelilingi batu karang yang lumayan besar di sekitar pantai. Lokasi pantai ini berada dalam kompleks Bali Pecatu Graha (Kuta Golf Link Resort) yaitu sekitar 30 menit dari pantai Kuta.

Pantai Dreamland sendiri hampir mirip dengan pantai Kuta. Pasir putih dan celah karang yang terjal menjadi pemandangan yang begitu memikat mata untuk dipandang. Lokasi berpasir putih bersih di pantai sempit tepat di bawah dinding karang curam cocok untuk menikmati matahari tenggelam atau sekadar menyaksikan atraksi para peselancar. Ombaknya yang tinggi dan besar banyak diminati oleh para penggemar olahraga selancar air (surfing), bahkan Dreamland sudah dijadikan semacam surfing spot baru untuk kawasan Bali.

 

2. Virgin Beach, Bali

Virgin Beach terletak di Karangasem. Pantai ini menempati posisi ke-17 dengan lebih dari 39 ribu unggahan di Instagram. Untuk lokasinya cukup jauh bila ditempuh dari Bandara Ngurah Rai. Jaraknya sekitar 73 kilometer dari bandara ke pantai ini. Waktu tempuhnya sekitar dua jam perjalanan.  Pasir putih dengan garis pantai yang panjang pun ditawarkan oleh pantai ini. Karena lokasinya yang cukup jauh, maka pantai ini masih tergolong sepi. Wisatawan pun bisa berenang di pantai ini. Tetapi jika ombak sudah kencang, harus berhati-hati.

Pantai ini memang memiliki beribu-ribu tempat yang hampir semua dapat dijadikan sebagai tempat wisata. Saking banyaknya, sampai-sampai tidak banyak orang yang mengetahui tempat wisata tersebut. Padahal tempat wisata tersebut memiliki nilai eksotis yang tinggi dan bahkan bisa dibilang setara dengan wisata-wisata lainnya yang telah terkenal di Bali seperti pantai kuta atau pantai seminyak.

 

3. Ora Beach, Maluku

Pantai Ora terdapat di Pulau Seram, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Pantai ini berada di urutan ke-22 dengan lebih dari 27 ribu unggahan di Instagram. Di Pantai Ora terdapat penginapan dengan model rumah panggung yang dibangun di atas laut. Penginapan tersebut dibangun menggunakan kayu semipermanen. Jernihnya air laut membuat para turis bisa lebih jelas melihat karang-karang cantik di dasar laut. Pasir nan lembut juga menjadi daya tarik pantai ini.

Wilayah pantai Ora tidak memiliki daratan yang luas, karena daratan berupa tebing atau bukit batu yang cukup curam, walaupun bisa didaki. Alam di sekitar pantai Ora dibentuk oleh tebing-tebing Sawai yang menjulang, hutan tropis dan rangkaian pegunungan yang merupakan kawasan Taman Nasional Manusela. Tebing dan teluk Sawai yang mengelilingi pantai Ora terbentuk dari proses tektonik pada jaman purba dimana kawah vulkanik yang terbentuk kemudian terendam air laut menjadi Teluk Sawai. Pantai Ora sendiri cukup kecil, karena disekeliling kawasan teluk tersebut, selain terdapat pantai Ora juga terdapat pantai-pantai lain sebagai tempat wisata, seperti Mata Air Belanda, dan Bukit Batu.

 

4. Pulau Derawan

Pulau Derawan terletak di Kalimantan Timur. Pulau ini menduduki urutan ke-32 dari 50 pantai yang paling banyak diunggah di Instagram. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pulau ini. Soal keindahan pantai hingga bawah laut, tak perlu diragukan lagi. Selain bermain di pantai, Anda juga bisa snorkeling dan diving. Bila Anda beruntung saat menyelam bisa menemukan penyu, lumba-lumba, hingga ikan pari atau manta.

Di kepulauan ini terdapat sejumlah objek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia. Di Kepulauan Derawan terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting yaitu terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau (hutan mangrove). Selain itu banyak spesies yang dilindungi berada di Kepulauan Derawan seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, ikan barakuda dan beberapa spesies lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!