Beberapa Manfaat Yang Akan di Dapatkan Ketika Menjadi Relawan

Saat bencana datang, sudah sewajibnya kita sebagai manusia saling membantu. Seperti saat bencana alam gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat akhir pekan lalu. Selain bantuan barang, salah satu yang dibutuhkan adalah dukungan moril yang diberikan para relawan.

Selain memberikan logistik, para relawan yang terjun langsung ke lapangan juga memberikan harapan bagi para korban. Kehadiran mereka menjadi pelipur lara di tengah musibah yang ada. Selain dapat membantu warga sekitar, menjadi relawan juga memberikan banyak manfaat.

1. Memberikan banyak pengalaman baru

Terjun ke medan yang belum pernah disinggahi sebelumnya menjadi sebuah tantangan. Menjadi seorang relawan, membuat Anda berkesempatan mengetahui adat, budaya dan orang-orang yang ada di sana. Dengan begitu, wawasan tentang dunia akan semakin luas karena memiliki referensi beragam.

2. Memiliki banyak koneksi baru

Kegiatan relawan hampir seluruhnya dilakukan secara berkelompok. Orang-orang yang tergabung di dalamnya dapat dipastikan memiliki rasa kepedulian sosial yang sangat tinggi. Sebab itu, jika di kemudian hari Anda membutuhkan rekan untuk menjalani sebuah program, baik itu bisnis atau sosial dapat mempercayakannya kepada mereka.

3. Meningkatkan kepekaan sosial

Hidup di era individualistik seperti saat ini, sulit untuk menemukan orang dengan kepekaan sosial yang tinggi. Dengan menjadi seorang relawan, Anda akan lebih cepat tanggap untuk mengetahui permasalahan yang ada di lingkungan sekitar dan membuatnya menjadi lebih baik. Ingatlah, orang-orang saat ini membutuhkan sosok yang seperti Anda.

4. Memahami realitas dengan lebih baik

Terdapat perbedaan mencolok antara pengetahuan orang yang hanya duduk diam di rumah dengan yang terjun langsung ke lapangan meski dalam topik yang sama. Mereka yang terjun langsung tidak mengenal namanya teori. Mereka lebih mengandalkan fakta-fakta konkret yang terjadi di masyarakat untuk bertahan hidup. Hal ini secara tidak disadari pasti akan membentuk pola pikir yang lebih baik bagi Anda, terutama dalam mengambil keputusan di kemudian hari.

5. Membantu Anda menjadi manusia

Menjadi relawan tidak sekedar membuat Anda menjadi lebih baik, tetapi bahkan menjadi manusia seutuhnya. Menjadi manusia berarti mengetahui memiliki rasa empati terhadap orang lain, peduli, berprestasi dan juga senang membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!