Beberapa Cara Mengembalikan Semangat Bekerja di Akhir Pekan

Akhir pekan (weekend) sering diartikan sebagai hari libur, yakni hari saat para pekerja dapat beristirahat dengan puas. Mau bangun pagi atau siang sekalipun, bebas saja karena kantor libur.

Lantas bagaimana kalau si bos menyuruh Anda bekerja saat weekend tiba? Kamu pasti akan merasa sedikit jengkel karena harus lembur. Atau memang perusahaan Anda menerapkan jadwal bekerja setiap hari alias tak ada hari libur saat weekend.

Saat orang lain bersantai dan menikmati liburnya di akhir pekan, tapi Anda mau tidak mau tetap harus beraktivitas seperti biasanya. Lalu, mendapatkan jatah libur justru di hari kerja.

Menyebalkan memang. Tapi mau tidak mau, sebagai pekerja harus mengikuti ketentuan perusahaan, bukan? Nah, agar Anda tetap semangat meski harus bekerja saat weekend, berikut tipsnya :

1. Tanamkan Kesadaran Waktu Berlalu Lebih Cepat saat Weekend

Hal pertama yang bisa Anda tanamkan pada diri saat harus kerja di akhir pekan adalah sadari bahwa waktu lebih cepat berlalu saat weekend tiba. Sehingga bekerja saat weekend pun akan terasa menyenangkan.

Berhubung karena kamu harus bekerja saat weekend nanti, perhatikan asupan makan selama sepekan. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin, kalsium, dan protein tinggi agar tetap produktif walau harus bekerja di akhir pekan.

2. Ingat, Pemasukan Bertambah Banyak saat Lembur

Selain menyenangkan, bekerja di hari pekan karena lembur juga dapat menambah pemasukan. Sebab upah yang akan diterima bisa dua kali lipat lebih besar dibandingkan dengan hari kerja atau weekday. Bayangkan jika Anda bekerja Hari Sabtu dan Minggu, maka upah yang akan diterima sudah dapat menutup empat hari kerja berikutnya.

Tambahan pemasukan seperti ini bisa dimanfaatkan untuk menambah setoran tabungan per bulan atau menambah dana untuk investasi. Menggiurkan bukan?

3. Ingat-ingatlah Tujuan yang Ingin Dicapai

Ketika rasa malas mulai menghampiri, ingat kembali apa yang menjadi tujuan utama bekerja. Bukankah Anda ingin membeli rumah, mobil baru, atau yang lainnya? Nah, tujuan dapat dijadikan sebagai pendorong agar semangat kerja tetap terjaga.

Agar Anda selalu ingat pada tujuan yang ingin dicapai, sebaiknya catatlah tujuan tersebut dalam note atau kertas kecil. Catatan ini ibaratnya sebuah alarm yang akan selalu mengingatkan Anda untuk bekerja on point demi tercapainya suatu target.

4. Berikan Sedikit Hiburan

Selama jam kerja berlangsung, Anda memang dituntut untuk bekerja secara serius atau profesional demi memperoleh hasil kerja yang maksimal pula. Tentu saja, keseriusan itu bisa membuat cepat bosan. Alhasil, Anda selalu menanti-nanti jam istirahat makan siang untuk merefleksikan pikiran.

Untuk itu, berikanlah sedikit hiburan selama jam kerja berlangsung. Misalnya hiburan berupa musik favorit yang bisa didengarkan melalui headset. Mendengarkan musik selama bekerja diperkenankan kok, asalkan tidak mengganggu rekan kerja yang lain.

5. Ciptakan Suasana Kerja yang Asyik

Ternyata bekerja itu tidak seenak apa yang dibayangkan. Ada banyak masalah yang bercampur aduk di lingkungan kerja. Hal ini terkadang membuat Anda malas untuk bekerja atau bahkan jenuh. Jangan biarkan hal-hal negatif mengganggu produktivitas kerja Anda.

Sekarang saatnya untuk menciptakan suasana kerja yang asyik agar tetap terpacu untuk bekerja. Mulailah menciptakan perubahan dari hal-hal kecil terlebih dahulu, seperti mengubah posisi meja kerja atau menempatkan pernak-pernik lucu di meja kerja. Tidak sulit, kan?

6. Jangan Mempersulit Diri Sendiri

Setiap tugas yang dikerjakan memiliki tingkat kesulitan masing-masing. Ada yang mudah, sedang, dan sulit. Tetapi jangan terpaku pada satu tugas yang sedang Anda kerjakan saat ini. Apalagi jika Anda menemukan kesulitan saat mengerjakannya.

Beralihlah ke tugas yang lebih mudah jika Anda menemukan kesulitan saat mengerjakan tugas yang sebelumnya. Tapi ingat, Anda harus kembali ke tugas yang sulit tersebut saat tugas yang mudah sudah terselesaikan. Alhasil, tugas yang mudah maupun sulit sekalipun dapat terselesaikan tepat waktu dengan hasil maksimal.

7. Selalulah Berpikir Positif

Anda akan menghadapi berbagai macam masalah saat mengerjakan tugas. Tetapi, jangan biarkan masalah tersebut membuat Anda down dan tidak bersemangat. Sebaliknya, bangun kembali energi positif dalam diri agar Anda juga dapat bertindak secara positif.

Ingat, tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan. Luangkan waktu untuk menelaah setiap masalah yang muncul, guna menemukan akar penyebabnya. Setelah itu, pikirkan solusi terbaik agar masalah tersebut cepat selesai. Solusi yang diambil sebaiknya dilihat dari segala sudut pandang, jangan sampai solusi tersebut justru merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!