Bangkit dan Berdamai dengan Masa Lalu

Untuk meraih sesuatu yang kita impikan/cita-citakan hal yang perlu kita lakukan adalah dengan terus berusaha dan berdoa secara maksimal. Kerena di dunia ini tidak ada kesuksesan yang instan, semua harus membutuhkan proses. Sebagai manusia pastinya kita tak pernah lepas dari yang namanya ‘cobaan’ hidup, hal itu terkadang membuat hidup semakin sulit secara fisik dan mental. Layaknya sebuah roda kehidupan yang terus berputar, seseorang sering merasa masalah yang dihadapi begitu berat dan berpikir tak mampu melaluinya.

Berbicara tentang ‘cobaan’ kita semua telah mengetahui bahwa dulu industri pariwisata di Bali sempat anjlok karena tragedi Bom Bali. Namun berkat kerja cepat pemerintah, semuanya dapat kembali normal dan kebudayaan Bali yang kuat, dapat menarik para wisatan kembali mengunjungi pulau dewata ini. Industri pariwisata menjadi semakin berkembang dengan adanya komunitas.

Dengan itu, seorang pengusaha yang menjalankan bisnisnya pada industri ini haruslah menjalin hubungan baik dengan para regulator, khususnya lokal, hal itu akan memberi dampak positif khususnya dalam hal rekomendasi di masyarakat.

Bali yang dijuluki sebagai ‘Land of Paradise’ memang terbukti dari banyaknya tempat wisata yang indah juga kulinernya yang enak, jadi wajar saja jika bisnis cafetarian atau tempat nongkrong dewasa ini semakin meningkat. Terlepas dari banyaknya pebisnis di industri ini, tak membuat seorang pengusaha kelahiran Sidoarjo bernama Andy Wirawan ciut untuk mengembangkan bisnisnya. Memulai bisnisnya sejak tahun 2000, Andy Wirawan sering bergonta-ganti usaha dengan hasil kegalalan yang telak. Namun hal itu tak membuat semangatnya surut, justru baginya berbagai kegagalan itu menjadi faktor yang meningkatkan kemampuannya dalam memenangkan sebuah bisnis agar mempunyai mental yang kuat dalam persaingan. Dengan semakin maraknya pebisnis di dalam industri ini, membuatnya harus berpacu cepat berinovasi untuk menciptakan berbagai perkembangan di era digital saat ini.

Selain kegagalan, masalah, dan krisis yang kerap menjadi hantu bagi para pelaku bisnis. Masalah pribadi juga kerap menghambat bisnis yang hendak dijalankan, karena itu sebagai pebisnis Andy Wirawan sadar akan selalu ada pasang surut dalam pergelutan bisnis ini. Namun dengan kualitas dan fasilitas yang terus di tingkatkan, membuat bisnis bar dan restoran bernama ‘XL Shisha Lounge’ miliknya semakin ramai di gandrungi para pelancong dan wisatawan lokal yang ingin menghabiskan waktunya untuk bersantai menikmati malam di kawasan Ubud, dengan ragam kuliner yang memanjakan lidah dan ditemani Shisha sebagai pelengkap, membuat atmosfer akan terasa lebih hangat juga menyenangkan.

Tentu ada kerja keras di balik orang yang berhasil mencapai kesuksesan. Sebelum sukses mengembangkan bisnis bar dan restorannya, perjalanan Andy Wirawan terbilang cukup pelik saat menggeluti bisnis-bisnis sebelumnya. Benar saja, ia yang dulu adalah seorang General Manager di sebuah hotel, kemudian rela meninggalkan zona nyaman pekerjaannya untuk membangun bisnisnya sendiri. Tak menunggu lama, setelah tabungannya dirasakan cukup Andy Wirawan pun resign dari pekerjaan yang telah melambungkan karirnya. Dengan modal yang telah dimiliki, ia kemudian memulai bisnisnya sebagai supplier bahan bangunan, namun sayang karena minimnya pengalaman dalam pengolaan bisnis, iapun harus menelan kegagalan dengan kerugian besar.

Dengan gagalnya bisnis yang di jalankan, membuat Andy Wirawan harus kembali mengais rezeki dengan peruntungan lain sebagai agency di sebuah hotel. namun barulah bisnis ini berkembang, iapun harus kembali menelan pil pahit karena peristiwa bom Bali 2 pada tahun 2005 ikut membuat bisnisnya ambruk. Hingga kebangkrutan itu membuatnya harus kehilangan dan menjual aset-aset yang telah di milikinya, Andy Wirawan mengatakan saat terpuruk dan kejatuhan itulah yang di rasanya paling sulit, karena perjuangannya harus di mulai dari nol lagi.

Dengan sisa -sisa semangat tampaknya Andy Wirawan harus berdamai dengan masa lalu, karena ia sadar dengan keadaannya hidupnya yang semakin berantakan, ia tidak bisa hidup dengan bahagia jika terus dibayangi masa lalu yang menyiksa. Alih-alih bisa fokus menjalani hidupnya, yang ada ia terus terjebak pada belenggu dan rasa bersalah di masa lalu. Mungkin terkesan sepele, namun, tidak sedikit orang yang pada akhirnya menjadi tertutup dan menarik diri dari lingkungan karena pengaruh masa lalu yang buruk. Maka, bangkit jadi hal utama yang harus dilakukannya untuk bisa kembali menjalani hidupnya. Memang tidak mudah menjalani hidup dengan aura positif dengan pancaran bahagia di keadaan yang sulit. Tapi Andy Wirawan yakin, dengan mindset yang baik maka awal yang baru akan lebih mudah dijalankan.

Iapun kembali bangkit dan mencoba peruntungan dengan membuka warung makan dengan sisa uang yang dimilikinya untuk menyambung hidup. Namun, berkat kekuatan sebuah doa dan keyakinan, tanpa di duga bisnis kecil warung makan miliknya perlahan dapat berjalan dan berkembang, hingga dapat mengantarkannya pada banyak relasi yang berujung pada kerja sama kepengurusan Villa dengan seorang ekspatriat. Hal itu menjadi titik balik hidupnya untuk kembali memulai investasi bisnis pada industri pariwisata dan membangun sebuah cafetarian yang bernama ‘XL Shisha Lounge’.

Dengan mengusung konsep bar dan lounge yang nyaman, ‘XL Shisha Lounge’ miliknya mampu menarik para wisatawan lokal hingga manca negara, dengan menampilkan interior bergaya Timur Tengah dan langit-langit berlapis sutra, akan membuat siapapun yang berkunjung dapat menikmati nuansa Traditional Arabic Style. Selain tempat yang fancy dan pelayanan berkualitas tinggi, Andy Wirawan juga mengatakan bahwa pipa shisha yang mereka gunakan diterbangkan langsung dari Dubai, dan tembakau Al-Fakher yang populer di tempatnya juga dipaketkan langsung dari Uni Emirat Arab. Maka dari itu ‘XL Shisha Lounge’ adalah tempat yang paling cocok untuk dikunjungi jika ingin menikmati nuansa hangat ala Timur Tengah di kawasan Ubud dengan pipa air eksotis terbaik di pulau Bali. Dan jangan khawatir kelaparan, karena ‘XL Shisha Lounge’ juga menyajikan pilihan kuliner internasional dengan masakan Belanda yang lezat dan otentik, steak dan burger, serta berbagai masakan khas Indonesia.

Siapa sangka penantian panjang seorang Andy Wirawan dalam pergelutan bisnisnya itu sekarang dapat meraih kesuksesan hingga menghasilkan omzet ratusan juta. Belajar dari pengalaman pahit masa lalunya, ia mengambil hikmah dan lebih mengenal dirinya. Setelah melangkah maju dengan diikuti benturan demi benturan, Andy Wirawan akhirnya menemukan makna lain dari suatu kehilangan. Ternyata, tidak ada kehilangan yang benar-benar hilang.

Tuhan akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik, lebih hebat, dan lebih dari apa yang ia harapkan. Ia pun percaya, bahwa Tuhan selalu tahu bagaimana menciptakan senyum di wajah umat-Nya. Karena, yang selalu ia yakini, Tuhan adalah Pembuat Skenario Terbaik dan Maha Pemaaf, bahkan ketika kita berbuat khilaf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!