Akar Kesuksesan Berawal dari Pembentukan Karakter di Masa Kecil

Memilih pasar properti untuk berbisnis, begitulah Mathilda Siahaan, wanita asal Medan ini berkarier sebagai pengusaha sejak tahun 2003, dengan mendirikan PT Graha Kuryakin Artistika. Wanita yang memiliki latar belakang pendidikan teknik arsitektur ini, telah sukses menarik perhatian beberapa media masa dengan hasil karyanya yang pertama, yang diterbitkan pada tahun 1989.

Masa kecil indah Mathilda Siahaan yang lahir di perkebunan kelapa sawit dekat Kota Siantar. Dari orangtua yang bekerja di perkebunan, menjadi sebuah awal timbul rasa ketertarikan dalam mempelajari ilmu dan model bangunan, tanpa ia sadari. Bersama keluarga, ia bertempat tinggal di sebuah hunian yang nyaman dan menyenangkan, ditambah model bangunan kolonial yang masih melekat pada zaman itu.

Memiliki orangtua yang gemar melukis, kesenangan tersebut pun diturunkan kepada Mathilda, yang semakin terpacu mempelajari teknik arsitektur. Tak hanya itu, ia mengaku pengagum berat orangtuanya khususnya, sang ayah yang sangat menghormati norma-norma yang berlaku dalam hidup bermasyarakat dan tidak menoleransi bagi pelanggar aturan. Lagi-lagi tanpa tersadar, karakter tersebut diturunkan kepada Mathilda yang ia terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan perusahaan yang ia dirikan.

Setelah beberapa tahun bekerja di perusahaan kontraktor furnitur dan desain interior, Mathilda memutuskan melepaskan keterikatannya dan mulai berkarya secara independen. Ia mendapat tawaran dari Parluhutan Sibuea (founder PT GKA) untuk ber-partner mendirikan PT Graha Kuryakin Artistika (PT GKA), sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perancangan arsitektur, kontraktor bangunan dan produksi furnitur yang menjalankan usaha di Bali & Jakarta. Pelayanan yang diberikan yakni rancang dan bangun arsitektur, desain dan renovasi, desain interior, desain dan produksi furnitur.

PT GKA tak hanya melayani perancangan dan pembangunan tempat tinggal, tapi juga vila, restoran, café dan apartemen. Dalam proses desain, perusahaan yang beralamat di Pertokoan Puri Gading Blok A1/7a, Jl. Raya Uluwatu Bukit, Jimbaran, Badung, Bali ini, mengutamakan komunikasi yang baik dengan pemilik, dengan demikian perancangan yang terwujud dalam bangunan memberikan porsi yang cukup untuk ‘selera pemilik’.

Dalam pendiriannya, PT GKA memiliki visi, mewujudkan sebuah usaha untuk kebaikan semua pihak “Business for the Common Good”, yaitu sebuah perusahaan yang berjalan di dalam nilai-nilai yang benar, yang tidak semata-mata mementingkan keuntungan perusahaan, tapi juga mempertimbangkan hal-hal yang menuju kepada kebaikan bersama, kebaikan klien, kebaikan lingkungan, kebaikan masyarakat, bangsa dan negara.

Untuk misi, PT GKA menjalankan perusahaan dengan sedapat mungkin mengikuti standar kebenaran dan nilai-nilai etika bisnis, dengan menempakan profit perusahaan, kepentingan klien, kesejahteraan karyawan, kepentingan masyarakat, dalam porsi yang seimbang.

Mendengarkan apa yang menjadi keinginan klien merupakan sebuah proses yang cukup panjang, dalam hal ini Mathilda berusaha mengedukasi dan memberi dukungan penuh kepada para karyawannya untuk tetap menampilkan perfoma yang terbaik. Bersyukur, seiring perjalanan waktu dan matang dalam pengalaman, para karyawannya mampu berpikir dan bekerja secara profesional, bahkan ada yang telah berkarya di perusahaannya selama 10 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!