6 Pilihan Makanan yang dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Wabah corona yang melanda dunia termasuk Indonesi membuat banyak orang berusaha mencegah agar tidak menjangkiti mereka.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh .

Apa yang kita makan, sikap, dan jumlah olahraga kesemuanya dapat memainkan peran dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit.

Berikut ini 6 makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh :

  1. Pilih makanan yang mengandung rendah lemak

Beberapa lemak sangat penting untuk membangun sel dan untuk produksi prostaglandin, senyawa seperti hormon yang membantu mengatur respon sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi, seperti cara bereaksi dengan membuat sel darah putih yang memerangi penjajah.

Atlet Italia dengan diet sangat rendah lemak ternyata secara signifikan kekurangan sel-sel ini. Rahasia bagaimana cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda?

Pilih lemak Anda dengan hati-hati. Pilihlah lemak nabati tak jenuh daripada lemak jenuh dari makanan hewani, yang mengurangi kemampuan sel darah putih menjadi bakteri zap.

Hindari lemak trans, lemak buatan yang berlabel “terhidrogenasi” atau “terhidrogenasi sebagian.”

Sering ditemukan dalam makanan olahan dan makanan yang dipanggang, mereka dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh.

  1. Jauhi gula

Hanya 10 sendok teh gula, jumlah dalam dua kaleng soda 12 ons atau limun berkarbonasi, merusak kemampuan sel darah putih untuk menonaktifkan atau membunuh bakteri.

Pilihlah pemanis alami, seperti yang dibuat dari tanaman stevia untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Olahan Ikan

Ikan berminyak seperti sarden, herring, dan mackerel mengandung protein, penting untuk membangun sel yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, dan asam lemak yang disebut omega-3, yang mengatur fungsi sistem kekebalan tubuh.

Ketika tubuh diserang, peradangan akut adalah respons pertama tubuh.

Tetapi omega-3 menurunkan produksi senyawa inflamasi dan meningkatkan produksi antiinflamasi, sehingga membantu pemulihan dan bahkan menekan pertumbuhan sel kanker.

Dalam uji klinis, omega-3 juga ditemukan mengaktifkan bagian sistem kekebalan yang mematikan aktivitas sel serangan begitu pekerjaan mereka selesai.

  1. Makan Jamur

Jamur reishi langka telah dihargai di Timur Jauh selama lebih dari 2.000 tahun. Para ahli sekarang tahu bahwa jamur ini merangsang produksi sel-T, sel darah putih yang terlibat dalam melindungi tubuh dari infeksi. Ini meningkatkan kadar zat yang memperkuat respon imun.

  1. Kacang Almond

Seperti dilansir dari laman Reader’s Digest, untuk membantu menangkal infeksi virus, jadikan 3 ons almond sebagai bagian dari makanan sehari-hari Anda, tetapi teruskan kulitnya.

Peneliti Italia yang mempelajari virus herpes yang menyebabkan luka dingin telah menemukan bahwa bahan kimia pada kulit almond meningkatkan kemampuan sel darah putih untuk mendeteksi virus; mereka menemukan bahwa bahan kimia itu juga dapat membantu mencegah virus menyebar ke seluruh tubuh.

Tambahkan segenggam almond ke sereal atau oatmeal pagi hari Anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah virus.

  1. Tahan infeksi dengan sayuran

Bawang putih dan bawang dalam sup, semur, dan hidangan lainnya adalah sumber zat antivirus yang kuat yang dapat meningkatkan daya tahan Anda terhadap infeksi.

Banyak sayuran lain dapat menambah gudang senjata Anda melawan infeksi, termasuk wortel dan kentang manis.

Mereka kaya akan beta karoten, yang memiliki aksi anti-inflamasi dan meningkatkan laju produksi sel darah putih.

Sekutu kuat lainnya termasuk cabai, yang mengencerkan lendir hidung; jamur shiitake, yang membantu produksi sel darah putih; dan jahe, yang melawan peradangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!