15 Tahun Berkarya Menjadikan Kualitas Sebagai Prioritas

Bisnis garmen di Indonesia hingga saat ini memang peluangnya semakin terbuka lebar. Garmen atau yang sering disebut dengan konveksi merupakan salah satu jenis bisnis yang memang berhubungan dengan produk industri yaitu pakaian. Bisnis garmen atau konveksi ini memang termasuk dalam salah satu peluang usaha cukup popular karena mengambil sisi penting dari pakaian yang merupakan kebutuhan dasar manusia, sehingga bisnis konveksi atau Garmen akan tetap ada.

Jeli melihat potensi itu pengusaha garmen asal Tuban Jawa Timur bernama Jonny Sutikno hingga saat ini memantapkan diri untuk fokus berkonsentrasi pada bisnis tersebut. Berkat kerja keras dan kegigihannya, terbukti CV Ryan Garment di tangannya terus bergerak dinamis dan sukses menciptakan berbagai gagasan produk yang berkualitas di pasarnya.

Tumbuh dalam keluarga petani yang sederhana membuat Jonny Sutikno atau yang akrab disapa Jonny ini selalu diajarkan sikap disiplin dan bekerja keras untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Apalagi ketika umur 13 tahun ia sudah harus merantau ke Surabaya untuk bekerja dan belajar, tentunya perjalanan hidupnya di tanah rantau seorang diri membuatnya tidak pernah berpangku tangan terhadap orang lain dan selalu mencari jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi, mencoba untuk mencari cara agar bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri. Namun siapa sangka, dari perjalanan hidupnya itulah mentalnya di tempah untuk bertahan dengan kemampuan apapun yang ia miliki.

Apalagi jika mengingat saat masa krisis moneter pada tahun 1998, pada saat itu iya masih berusia 22 tahun, masa-masa sulit itu membuat banyak perusahaan garmen di Surabaya berujung tutup, hal itu membuatnya berpikir keras untuk tetap memutar roda perekonomiannya pada bisnis garmen yang skill-nya telah iya kuasai tersebut. Melihat mangsa pasar dan tourism Bali saat itu memang sedang bertumbuh, Jonny Sutikno pun bergegas membulatkan tekadnya untuk merantau dan berjuang di Bali.

Keahliannya di bidang konveksi tersebut membuatnya tidak begitu sulit untuk mencari pekerjaan di Bali yang memang pasarnya pada bisnis ini sangat menjanjikan. Fasilitas yang baik dan gaji yang terbilang mencukupi, tak membuatnya lantas terlena untuk terus-terusan bekerja dengan orang lain. Pribadinya yang sangat berdikari menuntunnya untuk mengambil lompatan besar untuk membuat usaha garmen miliknya sendiri. Relasi demi relasi dikembangkannya dengan baik, hal itu juga pada akhirnya yang membawa Jonny Sutikno dapat bekerja sama dengan tamu asal Jepang dan mulai membuat usaha miliknya sendiri.

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya tidak heran saat ini pakaian yang diproduksi CV Ryan Garment banyak diminati hingga pasar international. Berbagai proyek dan kerja sama dengan berbagai brand pun telah ia kerjakan, bahkan belum lama ini CV Ryan Garment miliknya mendapat proyek pesanan khusus untuk memproduksi kebutuhan pakaian show seorang aktris dan penyanyi asal Amerika yang di juluki Queen of Pop ‘Madonna’ untuk beberapa konsernya. Tentu hal itu menjadi suatu kebanggaan dan bahan bakar bagi dirinya untuk terus berkarya dan berinovasi lebih jauh lagi membuat produk yang berkualitas mengikuti cepatnya laju tren mode pakaian di era digital ini.

Menurut Jonny membuka bisnis konveksi juga memerlukan kepercayaan audiensi. Kepercayaan dibangun agar reputasi bisnis dapat dikenal baik oleh audiensi. Kepercayaan dapat dibangun dengan banyak hal, misalnya membuat konten melalui media promosi seperti blog dan instagram. Bekerja sama dengan perusahaan lain atau media, serta memberikan pengetahuan produk dan juga bukti produk kepada audiensi.

Kunci sukses yang selama ini dipegang teguh oleh Jonny dalam menjalankan usahanya ialah jangan mudah putus asa, semangat, konsisten dengan jalur yang ditekuni, dan yang terakhir intinya adalah berdoa serta ikhtiar agar selalu diberi kelancaran oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Hingga kini CV Ryan Garment terus memproduksi semua jenis pakaian pria dan wanita untuk segala usia. Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun maka konsetrasi pada kualitas produk merupakan prioritas yang selalu dipegang teguh pada setiap sentuhannya, mulai dari pembuatan pola, pemotongan, hingga jahitan. Semuanya dikerjakan oleh tangan-tangan terampil dan profesional dibidangnya. Workshop CV. Ryan Garment berada di Jalan Raya Banjar Gadon No. 99, pelanggan dapat memilih desain kain khusus atau dapat mencetak pada kain pilihan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!